PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKULIAHAN PDM BERBASIS BUKU TEKS UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
Nurmala R, Maharani Izzatin
Abstract
Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar perkuliahan Pengantar Dasar Matematika berbasis buku teks yang layak untuk menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono dengan melalui beberapa tahap yaitu: tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain, tahap validasi pakar, tahap uji coba skala kecil dan besar, serta tahap uji efektifitas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian pengembangan ini adalah angket dan lembar observasi. Adapun hasil penelitiannya adalah produk yang dihasilkan berupa bahan ajar Pengantar Dasar Matematika berbasis teks layak digunakan dan dapat menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika. Hal ini berdasarkan analisis data para ahli yaitu ahli materi masing-masing diperoleh persentase 86,11% dengan kriteria sangat layak, ahli penyajian masing-masing diperoleh 84,38% dan 81,25% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa diperoleh persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data tanggapan mahasiswa pada uji coba skala besar diperoleh bahwa sebanyak 80,33% yang menyatakan bahwa bahan ajar Pengantar Dasar Matematika berbasis buku teks sangat baik. Dan dengan menggunakan buku teks tersebut dapat menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa.
Keywords
Bahan Ajar; Kemandirian Belajar; Pengembangan
References
Adiningsih, D. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.
Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreaktif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyengkan. Yogyakarta: Diva. Press.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta : Ditjen Dikdasmenum.
Heri Setyanto, 2015. Pengembangan LKS IPA Berbasis Problem Based Learning Tema Pencemaran Lingkungan Guna Menumbuhkan Kemandirian Siswa. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
Mushlich ,mansur. Hakikat dan fungsi buku teks. http://www.snurmuslich.bloqspot. com/2008/10/04archive.html.hlm. 1, diakses 20 mei 2017.
Oni Pluntur Artiono, 2015. Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Kelas V SDIT Internasional Luqman Al-Hakim Yogyakarta Kelas Bilingual. UNY.
Rusman. 2012. Model – model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI:
https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v1i3.933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek
POSKOBET
POSKOBET
POSTOTO787
POSTOTO787
EMAS787
EMAS787
Slot thailand
SUNDA787
Bandar Togel
ASIABET777
ASIABET777
https://mega888slots.com
https://www.thecarecommunity.com
https://dikporanganjuk.org
https://dikporapapua.org
4d
diamond murah
https://vouchergame.net/
Lumi777slot demo, akun demo, demoslot, demo slot gacor, mooc, slot gratis, selot demo, demo mahjong 2, mahjong slot, demo mahjong ways, akun slot gacor, demo mahjong 1, slot mahjong, situs demo, mahjong ways 2 demo