PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR PDM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika FKIP Universitas Borneo Tarakan. Sampelnya adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah PDM yaitu kelas A1 dan kelas A2, dimana kelas A1 merupakan kelas eksperimen dan kelas A2 kelas kontrol. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar buku teks Pengantar Dasar Matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 58,9 dan posttest 73,4 dan pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 59,5 dan pada posttest 64,4. Hasil uji t menunjukkan bahwa sig. (2 tailed) < 0,05 sehingga terlihat bahwa kelas ekperimen dengan menggunakan bahan ajar buku teks PDM memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar buku teks. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar buku teks PDM memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika FKIP UBT.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreaktif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyengkan. Yogyakarta: Diva Press
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Bahri. 2017. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Jakarta : Usaha Nasional
Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta : Ditjen Dikdasmenum
Hernawan, Herry, dkk. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Handout
Mushlich ,mansur. Hakikat dan fungsi buku teks. http://www.snurmuslich.bloqspot.com/2008/10/04archive.html.hlm. 1, diakses 20 mei 2017
R, Nurmala dan Izzatin, Maharani. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan PDM Berbasis Buku Teks Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Borneo Saintek Vol 1 No 3 , Oktober 2018. e-ISSN 2599-3313, p-ISSN 2615-434X
Rusman. 2012. Model – model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i2.998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek