Identifikasi dan Klasifikasi Kerusakan Jalan Menggunakan Teknologi UAV – Quadcopters dengan Parameter Perubahan Tinggi Penerbangan

Edy Utomo, Muhammad Djaya Bakri, Iif Ahmad Syarif

Abstract


Jalan merupakan salah satu media transportasi penting bagi masyarakat Kota Tarakan. Jalan menyediakan aksesibilitas untuk meningkatkan perekonomian dan kegiatan sosial, selain menjaga kesinambungan distribusi barang dan jasa. Kinerja jalan sangat dipengaruhi oleh kondisi perkerasan jalan. Banyak jalan mengalami kerusakan sebelum masa layannya selesai. Oleh sebab itu, identifikasi terhadap kerusakan jalan sangatlah penting untuk dilakukan. Pada perkembangan teknologi saat ini, identifikasi kerusakan jalan dapat dilakukan dengan penerapan teknologi UAV-Quadcopters. UAV atau SPUKTA merupakan pesawat tanpa awak yang mampu memberikan informasi visual dari objek di permukaan bumi. Salah satu tipe UAV adalah Quadcopters atau Drone dengan empat baling-baling. UAV dapat diterbangkan pada beberapa ketinggian yang akan berpengaruh pada resolusi hasil foto udara. Resolusi yang tinggi akan memudahkan proses interpretasi dari kerusakan jalan. Oleh sebab itu, pada penelitian ini dilakukan studi terkait identifikasi dan klasifikasi kerusakan jalan dengan parameter perubahan tinggi terbang UAV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permukaan jalan pada objek penelitian telah mengalami kerusakan sebesar 1,67% dari luas permukaan jalan, dengan tingkat akurasi identifikasi dari klasifikasi kerusakan jalan sebesar 90%. Berdasarkan hal tersebut maka dinyatakan bahwa teknologi UAV dapat digunakan untuk melakukan identifikasi dari kerusakan permukaan jalan.


Keywords


Fotogrametri; Identifikasi; Jalan; Kerusakan; Quadcopter

Full Text:

PDF

References


Andaru, R., & Rokhmana, C. A. (2012). Pemodelan kondisi bangunan candi Borobudur pasca erupsi merapi dengan UAV-Based Fotogrametri. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 3(2), 105–112.

Asosiasi Pilot Drone Indonesia. (2022). Indonesia Remote Pilot Learning Handbook 12 Aeronautival Knowledge & Flight Review Process: Vol. 1.0 (hlm. 154–177). Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Bakri, M. D., & Prihartanto, E. (2020). Analysis of the influence of ring road infrastructure development on economic growth in the coastal area of Tarakan City. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 599(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/599/1/012089

Bakri, M. D., Utomo, E., & Nawir, D. (2023). Linear Regression Analysis on predicting the level of damage and changes in Amal Baru Beach Tarakan City Indonesia. SINERGI, 27(1), 133. https://doi.org/10.22441/sinergi.2023.1.015

Bandara, N., & Gunaratne, M. (2001). Current and Future Pavement Maintenance Prioritization Based on Rapid Visual Condition Evaluation. Journal of Transportation Engineering-asce - J TRANSP ENG-ASCE, 127. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-947X(2001)127:2(116)

BPS Kota Tarakan. (2022). Kota Tarakan Dalam Angka 2022 (Vol. 1).

Everaerts, J. (2008). The use of Unmanned Aerial Vehicles (UAVs) for remote sensing and mapping. Remote Sensing and Earth Observation Processes Unit, Flemish Institute for Technological Research (VITO), 37, 1187–1192.

Firdaus, Z. M., Handayani, H. H., & Hidayat, H. (2020). Pemanfaatan Data LiDAR dan Foto Udara untuk Pemodelan Kota Tiga Dimensi (Studi Kasus: Wilayah Surabaya Barat) Utilization of LiDAR Data and Aerial Photos for Three-Dimensional City Modeling (Case Study: West Surabaya Region). Geoid Journal of Geodesy and Geomatics, 16(1), 80–92.

Hendarsin, & Shirley, L. (2000). Perencanaan Teknik Jalan Raya. Jurusan Teknik Sipil - Politeknik Negeri Bandung.

Herold, M., & Roberts, D. (2005). Spectral characteristics of asphalt road aging and deterioration: Implications for remote-sensing applications. Applied optics, 44, 4327–4334. https://doi.org/10.1364/AO.44.004327

Mandaya, I., & Harintaka. (2020). Pemanfaatan teknologi UAV (Unmanned Aerial Vehicle) untuk identifikasi dan klasifikasi jenis-jenis kerusakan jalan. Rekayasa Sipil, 14(3), 162–172.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 37 Tahun, (2020).

Putra, A. S., Maulana, E., Rahmadana, A. D. W., Wulan, T. R., Mahendra, I. W. W. Y., & Putra, M. D. (2016). Uji akurasi foto udara dengan menggunakan data UAV pada kawasan padat pemukiman penduduk (Studi kasus: Kawasan Padat Sayidan, Daerah Istimewa Yogyakarta). Seminar Nasional Penginderaan Jauh, 278–286. http://sinasinderaja.lapan.go.id

Rahmadany, V., Tjahjadi, M. E., & Agustina, F. D. (2022). Penggunaan DTM presisi dari Fotogrametri UAV untuk analisa bencana longsor menggunakan Sistem Informasi Geografis. Jambura Geoscience Review, 4(2), 86–101. https://doi.org/10.34312/jgeosrev.v4i2.12908

Rokhman, A., Putri, D., & Siswoyo, S. D. (2022). Analisis Ruas Jalan Nasional Klari Kabupaten Karawang Menggunakan Metode MKJI 1997. Jurnal Forum Mekanika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.33322/forummekanika.v11i1.1635

Roziqin, A., Gustin, O., Pratama, R. W., Nitisaputra, A. D., Pernadi, R., Juanika, D. T., al Fitrah, M. I., Syahrani, A., Amelia, R., Aritonang, F. L., Zhrani, M., & Ilyasa, N. (2022). Rekonstruksi model 3D menggunakan foto udara untuk visualisasi kawasan pesisir Sembulang Kota Batam. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 889–898.

Saodang, H. (2005). Konstruksi Jalan Raya Buku 2 Perancangan Perkerasan Jalan Raya (1 ed.). Penerbit Nova.

Selaby, S., Kusratmoko, E., & Rustanto, A. (2021). Landslide Susceptibility in Majalengka Regency, West Java Province. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 884(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/884/1/012053

Soentoro, E. A., Levina, & Adidarma, W. K. (2015). Kajian koefisien koreksi indeks kekeringan menggunakan basis data satelit TRMM dan hujan lapangan. Jurnal Teknik Sipil, Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 22(2), 137–146.

Utomo, E., Ahmad Syarif, I., Henny Barocah, A., Reni, & Saipul Sadam, M. (2023). Studi daerah rawan longsor pada kawasan pemukiman kampung bugis Kota Tarakan dengan penerapan metode fotogrametri. Civil Engineering Scientific Journal.

Utomo, E., Fadila, A. N., & Pratama, M. (2022). Penggambaran Peta wilayah Desa Periuk Kabupaten Tana Tidung dengan Analisis Luas Bangunan Penduduk berdasarkan Teknik Digitasi On-Screen. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service, 2(2), 83–88. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/icomes/index

Utomo, E., Hidayat, W., & Chandra, Y. (2022). Analisis Kombinasi Metode Pengukuran Terestrial Dan Fotogramteri Pada Penyusunan Master Plan Sekolah NU Kota Tarakan. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 6(3), 215–228. https://doi.org/10.35334/be.v1i1.2996

Wahyono, E. B., & Suyudi, B. (2017). Modul Fotogrametri Terapan. Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.

Wulan, T. R., Ambarwulan, W., Putra, A. S., Maulana, E., Maulia, N., Putra, M. D., Wahyuningsih, D. S., Ibrahim, F., & Raharjo, T. (2016). Uji akurasi data UAV (Unmanned Aerial Vechile) di kawasan Pantai Pelangi, Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul. Prosiding Seminar Nasional Kelautan, 27, 232–240. http://www.dji.com/product/phantom-3-pro/info

Wulansari, H. (2017). Uji akurasi klasifikasi penggunaan lahan dengan menggunakan metode defuzzifikasi maximum likelihood berbasis Citra ALOS AVNIR-2. Bhumi, 3(1), 98–110.

Yunardhi, H., Alkasi, M. J., & Sutanto, H. (2018). Analisa Kerusakan Jalan dengan Metode PCI dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Ruas Jalan D.I. Panjaitan). Jurnal Teknologi Sipil, 2(2), 38–47.




DOI: https://doi.org/10.35334/be.v1i1.3429

Copyright (c) 2023 Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Borneo Engineering View MyStat