Analisis Kinerja Bukaan Median (U-Turn) Berdasarkan Model Kapasitas Siegloch dan Harder

Haerul Purnama, Fathur Rahman Rustan, Retno Puspaningtyas

Abstract


Bukaan median di Jalan Jenderal Sudirman, Pomalaa, Kabupaten Kolaka, menghadapi tantangan unik terkait proporsi penggunaannya karena berperan sebagai titik akhir jalur alternatif terpendek dari pelabuhan menuju area pertambangan PT ANTAM dan PT VALE. Fasilitas ini menerima beban lalu lintas dari jalur bypass dan arah menuju Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan Gap acceptance dengan model kapasitas Siegloch dan Harder untuk menganalisis kinerja fasilitas bukaan median.Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai gap kritis dan arus lawan melebihi batas yang disyaratkan, sementara kinerja fasilitas putar balik arah pada jam puncak sangat rendah. Model kapasitas Siegloch dan Harder memberikan hasil kapasitas hampir identik, dengan pengaruh yang signifikan pada nilai gap kritis dan jumlah arus arah lawan terhadap kapasitas fasilitas. Dari data yang dianalisis, terungkap bahwa kinerja fasilitas bukaan median kurang memuaskan pada interval waktu antara pukul 07:00 hingga 08:30. Dengan nilai DS>0.85  Hal tersebut juga diperkuat dari nilai gap kritis yang mencapai 14.12 detik, melampaui standar rentang headway antar kendaraan untuk ruas 4/2 D sebesar 14 detik. serta nilai arus lawan maksimum mencapai 600 skr/jam pada putaran balik, menunjukkan kondisi yang melampaui batas maksimum yang ditetapkan sebesar 500 Skr/jam.


Keywords


Fasilitas Bukaan median, Gap acceptance, gap kritis, Derajat jenuh

Full Text:

PDF

References


Akcelik, R. (2007) A Review of Gap-Acceptance Capacity Models. The 29th Conference of Australian Institutes of Transport Research (CAITR 2007), Adelaide, 5-7 December 2007, 1-25.

Al-Masaeid, H. R. (1999). Capacity of U-turn at median openings. ITE Journal (Institute of Transportation Engineers), 69(6), 28–30, 32, 34.

Bhatt, K., Gore, N., & Shah, J. (2022). Critical Gap Estimation and its Implication on Capacity and Safety of High-Speed Un-Signalized T-Intersection Under Mixed Traffic Conditions. SSRN Electronic Journal, 24(4), 215–228. https://doi.org/10.2139/ssrn.4043689

Brilon, W., & Koenig, R. (1997). Useful Estimation Procedure For Critical Gaps. Third International Symposium in Intersections Without Traffic Signal , 71-78.

Brilon, W., & Wu, N. (2002). Unsignalized Intersections - A Third Method for Analysis. Transportation and Traffic Theory in the 21 St Century , 2000, 157–178. https://doi.org/10.1108/9780585474601-009

Direktorat Jendral Bina Marga, 2005, Perencanaan Putar balik U-turn (No.06/BM/2005), Direktorat Bina Marga, Jakarta

Gartner, N. (2018). Traffic Flow Theory A State-of-the-Art Report Revised. November.

Hoogendoorn, S. P., & Knoop, V. (2016). Gap-acceptance theory and models. Traffic Flow Theory and Simulation. https://ocw.tudelft.nl/wp-content/uploads/Chapter-12.-Gap-acceptance-theory-and-models.pdf

Jenjiwattanakul, T. (2011). Effect of Waiting Time on the Gap acceptance Behavior of U-turning Vehicles at Midblock Median Openings. 8.

Liu, P., Lu, J. J., Hu, F., & Sokolow, G. (2008). Capacity of U-turn movement at median openings on multilane highways. Journal of Transportation Engineering, 134(4), 147–154. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-947X(2008)134:4(147)

Morlok, E. K. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

PKJI. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Perkotaan. Kementrian Pekerjaan Umum, 1–63.

Sinaga, M., & Surbakti, D. M. (2016). Analisa Kapasitas Bukaan Median (U-Turn).

Taylor, M. A. P., & Aldian, A. (2001). Selecting priority junction traffic models to determine u-turn capacity at median opening. Proceedings of the Eastern Asia Society for Transport Studies.

Titi Kurniati. (2021). Evaluasi Geometrik Median Dan Kinerja Bukaan Median Pada Jalan Bypass Kota Padang. http://jrs.ft.unand.ac.id/index.php/jrs/article/view/465. Februari, 2023.




DOI: https://doi.org/10.35334/be.v8i1.4966

Copyright (c) 2024 Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Borneo Engineering View MyStat