Activity Of Daily Living (ADL) dengan Kualitas Hidup Pasien Pasca Stroke

Ni Kadek Meira Diantari

Abstract


Dampak dari serangan stroke pada status fungsional yang menyebabkan ketidakmampuan merawat diri sendiri akibat kelemahan anggota gerak serta dapat menurunkan kemampuan pasien untuk bertahan hidup. Kemandirian Activity Daily Living perlu ditingkatkan agar penderita mampu beradaptasi dengan penyakitnya dan memiliki kualitas hidup yang baik dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kemandirian Activity Daily Living dengan kualitas hidup pasien pasca stroke. Jenis dan desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 132 responden. Instrumen penelitian untuk mengukur tingkat kemandirian adalah Indeks Barthel sedangkan kualitas hidup menggunakan kuisioner WHOQOL-BREF dengan analisa data yang digunakan adalah univariat dan bivariat Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar tingkat kemandirian ADL responden termasuk kedalam kategori mandiri dan mayoritas memiliki kualitas hidup pada kategori baik. Berdasarkan karakteristik responden mayoritas berusia 61-70 tahun, jenis kelamin laki-laki, pendidikan SMA, dan tidak bekerja. Setelah dilakukan analisa hubungan antara kedua variabel ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kemandirian Activity Daily Living dengan kualitas hidup pasien pasca stroke di Poliklinik Saraf. Bagi pasien pasca stroke diharapkan untuk senantiasa meningkatkan kemandirian ADL agar kualitas hidup menjadi lebih baik.


Keywords


Activity Daily Living; Quality of Life; Stroke

References


Alvionita Damayanti, (2022). Hubungan Kemandirian Activity Daily Living (ADL) Dengan Kualitas Hidup Penderita Pasca Stroke Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu, Kota Semarang.

Ardiani, (2014). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Hidup di Kelurahan Mugarsari Kecamatan Taman Sari Kota Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan, 9(1).

Dourman & Karel. (2013). Waspada Stroke Usia Muda. Jakarta, Cerdas Sehat.

Elfira, (2019). Hubungan Kemandirian Activities of Daily Living Terhadap Kualitas Hidup Pasien Stroke yang Mengikuti Rehabilitasi di RSUPH Adam Malik Medan.

Endriyani, L. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Activities of Daily Living Pasien Post Stroke di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. STIKES Aisyiyah Yogyakarta, 2.

Hidayati, (2018). Hubungan Pemenuhan Aktivitas Kehidupan Sehari-hari (AKS) Dengan Kualitas Hidup Klien Pasca Stroke Di Poli Saraf RSD dr.Soebandi Jember. Skripsi, 1(1), 1–121.

Kamatara, (2013). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Dengan Kemampuan Melakukan Activity Daily Living Pada Pasien Post Stroke Di Poliklinik Saraf BLUD Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2013. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Linggi, E. B., Karolina Alfani, and M. L. (2018). Hubungan activity Daily Living (ADL) Dengan Kualitas Hidup Pasien Pasca Stroke Di Ruang Fisioterapi RSUP.DR.Wahidin Sudirohusodo Makasar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 12(6), 675–680.

Pratidhina, N. Y. (2016). Hubungan Spiritual Well Being (SWB) dengan Quality of Life (QQL) Pasien Stroke di RSUD Pandan Arang Boyolali. In Skripsi. STIKES Kusuma Husada Surakarta.

Sari, R. K. (2014). Kemandirian Pemenuhan Kebutuhan Activity Daily Living (ADL) Pada Penderita Stroke Di Poli Syaraf Rumah Sakit Abdoer Rahem Situbondo. 53(9), 1689–1699.

Setyani, N. D., Asih, S. W., & Rhosma, S. D. (2016). Hubungan Tingkat Kemandirian Activity Of Daily Living (ADL) Dengan Kualitas Hidup Lansia Di UPT Pslu Jember. Jurnal of Undergraduate Thesis, 1–12.http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/944

Wardhani, I. (2019). Hubungan Kemandirian Dalam Activity Daily Living (ADL) Dengan Kualitas Hidup Lansia. Jombang : STIKes Insan Cendekia Medika.

Widyawati, (2020). Hubungan Kemandirian Beraktivitas Sehari-Hari Dengan Kualitas Hidup Penderita Pasca Stroke.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v7i1.4099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

image hostDimensions

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

 

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.