PROFIL KECENDERUNGAN MENGAJAR (TEACHING ORIENTATIONS) MAHASISWA SEMESTER I DI JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Listiani Listiani, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian tentang kecenderungan mengajar oleh mahasiswa calon guru di jurusan pendidikan Biologi, Universitas Borneo Tarakan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kecenderungan para calon guru biologi memilih pendekatan atau metode yang digunakan untuk mengajar sains khususnya biologi. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kuesioner berupa angket yang berisi tentang soal-soal yang berkaitan dengan pengajaran sains di tingkat sekolah menengah pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak enam soal dari delapan soal yang diberikan di kuesioner dijawab oleh responden dengan memilih orientasi mengajar yang mengarah pada pembelajaran langsung atau Direct Instruction, baik itu yang murni Direct maupun yang aktif. Sementara dua soal lainnya sebagian besar responden menjawab diajarkan dengan menggunakan metode inkuiri, baik itu yang terbimbing maupun yang tidak terbimbing. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan pedagogi calon guru yang berada di semester I masih belum luas sehingga pembelajaran yang bersifat teacher centered masih menjadi pilihan utama.

Full Text:

PDF

References


Cansiz, N. and Cansiz, M. (2016) Preservice Science Teachers’ Orientations Towards Teaching Science to Middle Schoolaer. International Journal on New Trends in Edcation and Their Implications. Vol. 7, No. 3, pp. 69-78

Cobern, W.W., Schuster, D., Adams, B., Skjold, B.A., Mugaloglu, E.Z., Bentz, A., & Sparks, K. (2014). Pedagogy of science teaching test: Formative assessments of science teaching orientations. International Journal of Science Education, pp. 1-24. http://dx.doi.org/10.1080/09500693.2014.918672.

Desinan, C. (2011). Current Teaching and Learning Strategies. MetodiÄki obzori 13, Vol. 6, No. 3, pp. 145-152

Dewanti, S.S. (2012). Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sebagai Calon Pendidik Profesional. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Surakarta, 9 Mei 2012

Kind, V. (2009) 'Pedagogical content knowledge in science education : potential and perspectives for progress.', Studies in science education., 45 (2). pp. 169-204.

Kurniawan, A., dan Astuti, A.P. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains dan Teknologi. Universitas Muhammadiyah Semarang. ISBN: 978-602-61599-6-0

Kwartolo, Y. (2005). Menyiapkan Guru yang Berkualitas dengan Pendekatan Micro Teaching. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. IV. No.4

Listiani, "Translating and Adapting the Postt for Formative Assessment of Indonesian Preservice Science Teachers’ Pedagogical Orientations" (2014). Master's Theses. Paper 545.

Surya, P. (2012). Reforming Teacher Training for Better Education in Indonesia. Presented in the 5th International Indonesia Forum. Yogyakarta, 9-10 Juli

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta

Triyanto (2012). Improving Teacher Profesionalism through Certification Program : An Indonesia Case Study. World Academy of Science, Engineering and Technology. Vol. 6




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â