EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PELANGI TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BUNYU

Sundari Sundari

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari model Kemmis dan Taggart, yang pelaksanaanya menggunakan dua siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Bunyu Tahun Pelajaran 2018/2019. Komik pelangi merupakan sebuah inovasi pembelajaran berbasis IT yang dapat diunduh di play store. Komik Pelangi memiliki fitur penentuan karakter tokoh, latar, serta balon kata-kata yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Peserta didik dapat menjadi karakter komik yang sedang memperagakan cara membuat atau melakukan sesuatu berdasarkan prosedur yang tepat. Balon kata-kata yang disediakan dalam aplikasi ini, dapat digunakan peserta didik untuk menjelaskan tujuan, bahan-bahan yang digunakan, serta langkah-langkah proses pembuatannya secara lugas. Dalam satu tampilan layar komik berisi enam panel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin ditampilkan oleh peserta didik. Data yang diperoleh dari hasil tes formatif, lembar observasi aktivitas belajar mengajar selanjutnya dianalisis. Dari hasil analisis menunjukan terjadinya peningatan nilai rata-rata kelas maupun nilai hasil belajar peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih. 2011. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Wiidya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Nurgiyanotoro, B.2017. Penilaian pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.1001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats