IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM MENENTUKAN LINTASAN TERPENDEK BERBANTUAN MAPLE TERHADAP APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PROVINSI TERMUDA DI INDONESIA

Siti Maria Ulva, Kamaruddin Kamaruddin, Juliana Juliana, Rina Ningdayati, Purnamawati Purnamawati

Abstract


Provinsi Kalimantan Utara memiliki sebuah kota yakni Kota Tarakan yang dapat ditempuh dengan menggunakan Speed selama 1,5 Jam menuju pelabuhan di Tanjung Selor. Mobilitas tinggi antar dua daerah tersebut menjadikan Kantor Gubernur sebagai kantor pusat pemerintahan yang sering dikunjungi oleh para ASN Provinsi Kaltara yang berada di kota Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lintasan terpendek berbantuan Maple untuk ASN Provinsi termuda di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori graf dalam menentukan lintasan terpendek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Pengambilan data didapatkan dari peta online Tanjung Selor Kabupaten Bulungan dengan menggunakan Aplikasi Google Maps. Data yang diambil berupa jarak antara bangunan satu ke bangunan lainnya yang saling berhubungan yang kemudian dibuat matriks ketetanggaan dan selanjutnya ditentukan lintasan terpendek dengan menggunakan algoritma Dijkstra berbantuan Maple. Hasil dari penelitian ini memberikan solusi dalam mencari lintasan terpendek melalui jalan darat yang berpangkal dari pelabuhan Speed Kayan menuju beberapa bangunan Kantor Dinas di Provinsi Kaltara.


Full Text:

PDF

References


Aini, A. N., Wulandari, D., Sutrisno., & Buchori, A. (2017). Aplikasi Teknologi Pembelajaran dengan Maple. Semarang, Indonesia: Universitas PGRI Semarang.

Fitria & Triansyah, A. (2013). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5(2), 611-621.

Munir, R. (2008). Matematika Diskrit. Bandung, Indonesia : Penerbit Informatika.

Nugraha, D.W. (2011). Aplikasi Algoritma Prim Untuk Menentukan Minimum Spanning Tree Suatu Graf Berbobot Dengan Menggunakan Pemrograman Berorientasi Objek. Jurnal Ilmiah Foristek, 1(2), 70-79.

Setyawan, Yudi. (2014). Visualisasi Graf dan Algoritma-algoritma dalam Teori Graf Menggunakan Beberapa Paket Software. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi, Yogyakarta, 15 November.

Shrinivas, S. G., Vetrivel, S. & Elango, N.M. (2010). Application of graph Theory in Computer Science an overview. International journal of engineering science and technology, 2(9), 4610-4621.

Wattimena, A. Z. & Lawalata, S. (2013). Aplikasi Algoritma Kruskal dalam Pengotimalan Panjang Pipa. Jurnal Barekeng, 7(2), 13-18.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.1003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats