ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DI SDN 002 SEBATIK TENGAH

Kartini Kartini, Abdul Muis

Abstract


Penelitian ini merupakan suatu penelitian yang mengkaji lebih dalam bagaimana proses belajar mengajar yang dilakukan guru berdasarkan pengembangan kurikulum dan sistem penilaian pendidikan dasar yang telah diimplementasikan secara professional. Guru wajib menguasai delapan keterampilan dasar mengajar yaitu: 1) keterampilan bertanya/mengajukan pertanyaan, 2) keterampilan menjelaskan/menerangkan, 3) keterampilan membimbing kelompok kecil, 4) keterampilan mengelola kelas, 5) keterampilan memberikan penguatan, 6) keterampilan memberikan variasi, 7) keterampilan membuka dan menutup pelajaran, dan 8) keterampilan mengadakan evaluasi. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk memberikan pemahaman keterampilan dasar mengajar bagi guru kelas di daerah Perbatasan dan keterampilan dasar mengajar yang masih belum tercapai dalam proses belajar mengajar di daerah perbatasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif - deskriptif.Data hasil penelitian yang diperoleh dari nilai keterampilan dasar mengajar guru kelas 1, 2 dan 3 di SDN 002 Sebatik Tengah. Hasil penelitian keterampilan dasar mengajar guru menyatakan rata-rata guru di daerah perbatasan khususnya di SDN 002 Sebatik Tengah belum terampil dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, bertanya, menjelaskan, membimbing diskusi kelompok kecil, mengajar perorangan, mengelola kelas, memberi penguatan dan memberi variasi.

Full Text:

PDF

References


Frasetyana, Sujadi, Kusmayadi. 2015. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Mikro. Vol 3 No 4 (jurnal.fkip.uns.co.id). Solo: Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D). Bandung: Alfabeta.

Maksum, A. 2012.Metodologi Penelitian. Penerbit: Unesa University Press.

Khakiim, U., Degeng, I, S, D., Widiati, U. 2016.Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan (online): Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2016 Halaman: 1730 — 1734.

Sukirman, Dadang. 2010. Keterampilan dasar mengajar. Universitas pendidikan indonesia.

Zulfanidar., Syafrina, Alfiati dan Yamin.M. 2016. Keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil di SD Negeri Garot Aceh Besar. Jurnal ilmiah PGSD, volume 1, no.1.

Hidayati, Ika Nuraini. 2013. Implementasi keterampilan dasar mengajar guru mata pelajaran bahasa jawa di SMP Negeri 1 Semarang. Skripsi. Universitas negeri semarang.

Sumiah, Nani. 2013. Analisis keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Artikel Ilmiah. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Azizah, Ika Nurdiana dan Arini Estiastuti. 2017. Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas rendah pada pembelajaran tematik di SD. Jurnal pembelajaran. Universitas Negeri semarang.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.1004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â