PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Irianto Aras

Abstract


Penggunaan soal terbuka dalam pembelajaran matematika telah banyak digunakan  sebagai  assesmen  dalam  penilaian  hasil  belajar.  Hal  ini  dilakukan karena melalui pertanyaan terbuka guru dapat mengeksplorasi kemampuan berpikir dan tingkat pemahaman  siswa yang beragam. Seiring perkembangan inovasi dalam pembelajaran, soal terbuka tidak lagi hanya sebagai alat untuk melakukan evaluasi, namun dikembangkan menjadi  sebuah  pendekatan  pembelajaran dengan istilah pendekatan open-ended. untuk itu perlu kiranya dilakukan penelitian pustaka untuk mengkaji hal-hal yang bersifat teoritis terkait dengan pendekatan ini untuk digunakan pada pembelajaran matematika. Berdasarkan penelusuran pustaka tersebut disusunlah paparan mengenai mengapa pendekatan open-ended perlu diterapkan, langkah penerapannya, dan cara penilaiannya. Dengan harapan dapat menambah khazanah pengetahuan tentang pendekatan open-ended.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.1005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â