MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SIFAT-SIFAT WAJIB BAGI ALLAH MELALUI METODE KOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 023 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sudarmi Sudarmi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 023 Tarakan kualitas hasil belajar PAI kelas III masih di bawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI, melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil observasi siswa diperoleh nilai rata-rata dari aspek perhatian 2,56 menjadi 3,75 di siklus II, Aspek partisipasi dari 2,12 menjadi 3,12 di siklus II, Aspek pemahaman dari 2,14 menjadi 3,05 di siklus II dan aspek kerjasama dari 2,12 menjadi 3,14 di siklus II.Sementara untuk hasil nilai prestasi belajar mencapai nilai rata-rata 79. 1 di siklus I menjadi 82,38 pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Rachmadiarti. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana, Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaj Rosdakarya, 2009.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â