PENGARUH INTERNET BAGI ANAK

Aheniwati Aheniwati

Abstract


Penulis mencoba memberikan informasi dan edukasi/pemahaman penggunaan internet dan handphone pada anak-anak usia dini. Dari penulisan ini akan menjelaskan bagaimana dampak yang ditimbulkan dari internet dan handphone terhadap perkembangan anak baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Penulisan ini menggunakan metode pengumpulan data sekunder dimana data-data ini diambil dari data-data yang sudah ada ataupun data primer dari penulis lain sebagai refrensi bagi penulis untuk menyelesaikan jurnal pengaruh internet bagi anak. Kesimpulan yang didapati adalah anak-anak yang masih dibawah umur atau yang masih dalam proses perkembangan sudah banyak yang memiliki handphone dan mereka sekarang dapat mengakses internet dengan sangat mudah. Aktivitas online yang mereka gunakan termasuk dalam kategori media interaksi dan media informasi. Dari internet mereka tidak akan lepas dari namanya game dan mempunyai hidup yang berbeda di internet. Kebanyakan dari mereka ketika mengakses internet sendiri dirumah. Ini secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa individualis dan penyendiri terhadap anak, ini dikarenakan kecanduan atau ketergantungan anak terhadap handphone dan internet sehingga ia akan lebih merasa nyaman dengan dunianya di internet dibandingkan dengan dunia luar atau lingkungannya.

 


Full Text:

PDF

References


Artanto., K. Y. (2011). Internet untuk Anak Tercinta. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Elia, H. (2009). Kecanduan Internet dan Prinsip-Prinsip Untuk Menolong Pecandu Internet. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanannya. .

Hastuti. (2012). Psikolog Perkembangan Anak. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Jonathan. (2015). Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak. Surabaya: Universitas Kristen Pertra Surabaya .

Maulida, H. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang.

Simamora, A. S. (2016). SimPersepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung.Lampung: Universitas Lampung




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats