KEEFEKTIFAN MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 01 ROWOSARI KENDAL

Mukholifah Mukholifah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika materi pecahan yang masih rendah atau dibawah rata-rata pada siswa kelas IV SDN 01 Rowosari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya penggunaan model oleh guru sehingga siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model Everyone Is TeacherHere supaya siswa dapat berperan aktif saat proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keefektifan model Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa materi pecahan kelas IV SDN 01 Rowosari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa materi pecahan kelas IV SDN 01 Rowosari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Rowosari tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah satu kelas siswa dari kelas IV SDN 01 Rowosari yang berjumlah 25 siswa dengan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest adalah 67,46 dan rata-rata nilai posttest adalah 76,904. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji t ketuntasan belajar yang diperoleh ttabel sebesar 2,060 dan thitung sebesar 3,113. Jadi thitung > ttabel yang artinya siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 84%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan model Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa materi pecahan kelas IV SDN 01 Rowosari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat disampaikan adalah agar dapat diterapkannya model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dalam pembelajaran matematika dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Mulyono, Hadi. 2014. “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is

Teacher Here untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS materi penjajahan belanda. Jurnal pendidikan dasar”. Jurnal pendidikan dasar. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id. (2): 7-12.

Pratama, Ardiansyah Surya dan Muslim Supari. 2013. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi menafsirkan gambar teknik listrik di smk negeri 2 surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. (2): 861 -868.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offsett.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran

Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. 2012. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jakarta: Kanisius.

Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widiarti. 2013. Pengelolaan Pembelajaran Matematika Kelas 6 di SD 4 Purwodadi. Surakarta : Jurnal Pasca UNS. Vol. No. 33: 377-388.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats