UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RUMAH BELAJAR MATERI PELAJARAN MENGENAL SUDUT KELAS IVB SD NEGERI 041 TARAKAN

Anita Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi mengenal sudut pada siswa kelas IVB SDN 041 Tarakan. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah penerapan model pembelajaran blended learning berbantuan media rumah belajar dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi mengenal sudut pada siswa kelas IVB SDN 041 Tarakan.

Subjek dalam penelitian ini  adalah siswa kelas IVB semester I SDN 041 Tarakan yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 bulan mulai bulan Agustus 2019 sampai bulan Desember 2019. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 kali siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran blended learning berbantuan media rumah belajar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi mengenal sudut pada siswa kelas IVB SDN 041 Tarakan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan klasikal pada siklus I pertemuan 1 yang tuntas hanya 3 orang siswa atau 12,50%, sedangkan pada pertemuan berikutnya terjadi peningkatan yang signifikan hingga pada siklus II pertemuan 6 terdapat 24 siswa atau 100% mencapai ketuntasan dalam pembelajaran, demikian juga terjadi aktivitas siswa dan guru sangat aktif sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan melalui pembelajaran blended learning berbantuan media rumah belajar materi matematika mengenal sudut siswa kelas IVB SD Negeri 041 Tarakan. 

Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal ,2002, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Insan Cendekia, Surabaya.

Bahri Syaiful Djamarah. 2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Burhan Mustaqim. 2008. Buku Bse Ayo belajar matematika 4 untuk SD dan MI kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional CV. Buana Raya. Jakarta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.

Djamarah Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Karso. 2004. Pendidikan Matematika I. Universitas Terbuka. Jakarta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Penerbit Bumi Aksara.

Jakarta.

Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Penerbit Universitas Terbuka.

Jihat Asep dan Haris Abdul. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i1.1372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats