PROFIL KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS VIII SMPN 8 TARAKAN

Alfian Mucti, Dewi Astuti, Dwi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kemampuan number sense siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kelas yang diteliti dibatasi pada siswa kelas VIII-7. Adapun pengambilan data dengan menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan number sense siswa berada dibawah standar 2,75 dengan nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 1,45 ,dengan nilai tertinggi 3,00 nilai terendah 1,00 dari skor maksimal 4. Dengan rata-rata ketercapaian tiap indikator sebagai berikut: 1) Indikator number magnitude sebesar 1,68; 2) Indikator number operation sebesar 1,54; 3) Indikator computional estimation sebesar 1,14. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa di kelas VIII-7 di SMPN 8 Tarakan mengalami kesulitan di semua indikator number sense

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Gandang WH, Mega TB. 2014. Profil Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 3 No 3. Hal 79-87

Greeno, J.G. 1978. Natures of Problem Solving Abilities. Dalam W.K. Estes (ed) Handbook of Learning and Cognitive Processes. Volume 5. Human Information Processing; New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Griffin, Sharon, 2004.”Teaching Number Sense,”Educational Leadesrship. Volume 61 nomor 5.

Pilmer, David. 2008. Number sense. Nova Scotia School for Adult Learning.Departement of Lanour and Workforce Development

Saleh, Andri. 2009. Number Sense. Belajar Matematika Selezat Coklat. Bandung: Trans Media Pustaka




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i1.1375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats