PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH TARAKAN

Zulfadli Zulfadli, Sari Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) kelas XI MIA IV di SMA Muhammadiyah Tarakan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri tahapan perencanaan, tindakan, Observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA IV yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptip kuantitatif dengan menggunakan tes setiap akhir siklus. Peningkatan hasil belajar diamati dari peningkatan rata-rata siswa mulai dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas XI. Pada siklus I skor presentase sebesar 56% dan mengalami peningkatan pada siklus ke II menjadi 81%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran Biologi  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA IV  

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Bum Aksara

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arrumaisha, Z.,Nurmiyati, Muzzazinah, & Untari, S (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Kartasura

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Depdiknas. (2004). Penilaian. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka pelajar

Mudrika, Wijaya, M.,& Sugiarti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XMIA-3 SMAN 1 Tanete Rilau. Jurnal Chemica Vo/. 19 Nomor 1 Juni 2018, 75 – 86

Hikmah, M., Anwar, Y & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewan Kelas X Di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 5, Nomor 1, Mei 2018

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto, M.N, (2009). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosda

Muslich. M. (2010). Melaksanakan PTK. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Zulfadli. (2017). Pengembangan Tes Berbasis Revisi Taksonomi Bloom Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Untuk Siswa Kelas Xi Di Sma Kota Tarakan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Volume 3, Nomor 2, Tahun 2017




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i1.1376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â