ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN MIND MAPPING MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA BIOKIMIA

Kadek Dewi Wahyuni Andari, Sucahyo Mas’an Al-Wahid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Konsep Dasar IPA Biokimia melalui metode Mind Mapping di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Borneo Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2019/2020, dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester III yang berjumlah 38 mahasiswa dengan mahasiswa laki-laki berjumlah 6 orang dan perempuan berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pembelajaran melalui metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa di jurusan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Borneo Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mahasiswa mencapai 68,4% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan pembelajaran melalui metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. metode mind mapping merupakan suatu metode yang sangat baik digunakan pendidik untuk meningkatkan daya hafal terhadap suatu konsep materi melalui kreativitas berimajinasi yang bebas. Selain itu, metode mind mapping membantu proses peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran di kelas dengan meringkas bahan ajar yang begitu banyak menjadi sedikit dan menarik untuk dibaca. Mind mapping juga dapat menjadikan peserta didik yang pasif menjadi aktif.


Full Text:

PDF

References


Astriany, Nur. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 177-189.

Buzan, Tony. (2011). Mind Mapp Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Doni Swadarma. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, Fajar Makkih & Siradjuddin. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. JPGSD Volume 04 Nomor 02, 121-130.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Isu-Isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kunandar. 2013. Langkah-Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nurroeni, Chusnul. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal Of Elementary Education (JEE), 2(1), 54-60.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i1.1377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats