EFEKTIVITAS PENILAIAN PRODUK MENULIS IKLAN MENGGUNAKAN APLIKASI POSTER MAKER BERBASIS SMARTPHONE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI I BUNYU

Sundari Sundari

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan peneliti sebagai guru Bahasa Indonesia terhadap hasil penilaian ranah keterampilan menulis iklan yang dilakukan peserta didik. Suguhan teks iklan yang mudah ditemukan, baik itu di media massa dan pusat keramaian ternayata membawa dampak negatif terhadap upaya peserta didik dalam menuntaskan hasil penilaian ranah keterampilan, yakni uji kompetensi menulis teks iklan. Melalui hasil penilaian di pembelajaran terdahulu peneliti menyimpulkan bahwa unsur plagiat sangat dominan dalam    hasil cipta karya iklan yang dirancang peserta didik. Guna meminimalisir unsur kecurangan tersebut sekaligus mengobati ketidak efektivan proses pembelajaran, peneliti menerapkan strategi penilaian produk berorientasi HOTS dengan perbantuan Aplikasi Poster Marker Berbasis smartphone. Peneliti menggunakan lembar observasi dan lembar checklist penilaian produk guna menganalisis adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik yang berorientasi pada kompetensi HOTS. Data yang diperoleh melalui lembar observasi ketika peserta didik melalukan proses pembelajaran frekuensi indikator HOTS mengalami peningkatan di sepanjang petemuan, di mana siklus I persentase aktivitas 72 % berkategori baik. Di siklus II aktivitas peserta didik mengalami peningkatan walau tidak signifikan, yakni meningkat menjadi 79% dengan katagori baik. Hasil belajar ranah keterampilan menulis menggunakan aplikasi poster maker berbasisi smartphone juga ikut meningkat, hal ini ditunjukan dari hasil rata-rata nilai peserta didik di siklus I adalah 77,5 % dikatagarikan baik meningkat menjadi 84,2 % dengan katagori sangat baik pada siklus ke II. Data yang dianalisis pada siklus II menunjukan  20 peserta didik berhasil melampaui nilai KKM yang di tetapkan oleh satuan pendidikan. Alhasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti dapat menyimpulkan penerapan media pembelajaran aplikasi Poster Maker Berbasis Smartphone efektiv digunakan dalam pembelajaran menulis iklan, poster, dan slogan oleh peserta didik di SMP Negeri 1 Bunyu.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Asmira, Oktavia. dkk. 2018. Buku Penilaian Berorientasi HOTS, Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasisi Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ernawati, L. 2017. Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking dalam Pendidikan Agama Islam. PROCEEDING, 198, Diakses melalui http://bit.Iy/2k66VLI pada tanggal 17 April 2017 pukul 05.30 WITA.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs. Jakarta: Kemedikbud.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 103 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

National Education Association (2002). Preparing 21st Century Students for a Global Society : An Educator’s Guide to the “Four Cs”. From https://www.nea.org/assets/docs/A- Guide-to-Four-Cs.pdf.

Rotherham, A. J., & Willingham, D. (2009). 21st Century Skills: the challenges ahead. Educational Leadership Volume 67 Number 1, 16

Sanjaya, W. 2011. Penelitian Tindakan Kealas (PTK). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukarno. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Prinsip-prinsip Dasar, Konsep, dan Implementasinya. Surakarta: Media Perkasa.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Widodo, T & Kadarwati, S. 2013. High Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan 32(1), 161-171.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i1.1378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats