EVALUASI PROGRAM PDS (PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH) UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN (UBT) TAHUN 2019
Abstract
kegiatan atau program, kemudian mengukur dan menilai keberhasilan program tersebut yang
selanjutnya akan menghasilkan suatu keputusan bagi pengambil kebijakan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengevaluasi program dana hibah Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) tahun anggaran 2019
yang diberikan oleh Direktorat Pembelajaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
kepada Universitas Borneo Tarakan (UBT). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi
menggunakan model CIPP (Context, Input, Proccess, Product). Subyek penelitian ini yakni Dosen,
guru mitra, siswa, Kepala Sekolah, dan LPTK melalui pemberian kuesioner dan observasi lapangan.
Data dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan tiga tahap yakni mengkondensasi data, mendisplay
data, dan membuat kesimpulan atau verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu masingmasing
tahap
Context,
Input,
Proccess,
Product
berada
pada
kategori
sangat
baik
dan
program
PDS
dapat
dilanjutkan
pada
tahun
berikutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. 2018. Panduan Program Bantuan Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.2019. Panduan Program Bantuan
Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi
Hendarwati, E., Yarno, Y.,& Saida, N.2019. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kemitraan Dosen dan Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1),28-38.
Mahmudi, Irwan. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-ta’dib. Vol 6 (1). 111-125.
Miles, Mathew., Michael Huberman, & Johny Saldana.2014. Qualitative Data Analysis: a Methode Sourcebook. Amerika Serikat: Arizona State University.
Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Geografis Daerah. Diakses tanggal 24 Februari 2020, dari https://kaltaraprov.go.id/profil/geografis
Serepinah, Marni. 2013. Kebermakanaan Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur.(20). 78-86.
Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Universitas Borneo Tarakan. Visi Misi. Diakses tanggal 24 Februari 2020 dari http://lpppm.borneo.ac.id/?page_id=246
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i1.3057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :