EVALUASI PROGRAM PDS (PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH) UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN (UBT) TAHUN 2019

Nur Fitriana Sam, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Evaluasi program merupakan serangkaian proses pengumpulan data dan informasi suatu
kegiatan atau program, kemudian mengukur dan menilai keberhasilan program tersebut yang
selanjutnya akan menghasilkan suatu keputusan bagi pengambil kebijakan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengevaluasi program dana hibah Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) tahun anggaran 2019
yang diberikan oleh Direktorat Pembelajaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
kepada Universitas Borneo Tarakan (UBT). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi
menggunakan model  CIPP (Context, Input, Proccess, Product). Subyek penelitian ini yakni Dosen,
guru mitra, siswa, Kepala Sekolah, dan LPTK melalui pemberian kuesioner dan observasi lapangan.
Data dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan tiga tahap yakni mengkondensasi data, mendisplay
data, dan membuat kesimpulan atau verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu masingmasing
tahap
Context,
Input,
Proccess,
Product
berada
pada
kategori
sangat
baik
dan
program
PDS

dapat
dilanjutkan
pada
tahun
berikutnya.


Keywords


Evaluasi; CIPP; PDS; UBT

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. 2018. Panduan Program Bantuan Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.2019. Panduan Program Bantuan

Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi

Hendarwati, E., Yarno, Y.,& Saida, N.2019. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kemitraan Dosen dan Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1),28-38.

Mahmudi, Irwan. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-ta’dib. Vol 6 (1). 111-125.

Miles, Mathew., Michael Huberman, & Johny Saldana.2014. Qualitative Data Analysis: a Methode Sourcebook. Amerika Serikat: Arizona State University.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Geografis Daerah. Diakses tanggal 24 Februari 2020, dari https://kaltaraprov.go.id/profil/geografis

Serepinah, Marni. 2013. Kebermakanaan Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur.(20). 78-86.

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Universitas Borneo Tarakan. Visi Misi. Diakses tanggal 24 Februari 2020 dari http://lpppm.borneo.ac.id/?page_id=246




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i1.3057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â