PERBANDINGAN LEKSIKOLOGI BAHASA SUKU DAYAK LUNDAYEH TANA’ LUN DAN LUN BA’

Siti Fathonah, Rita Kumala Sari

Abstract


Bahasa Lundayeh banyak terdapat perbedaan leksikon. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan penyebaran bentuk linguistik dialek bahasa Lundayeh dalam bentuk leksikon pada sub suku Dayak Lundayeh Tana’ Lundan Lun Ba’ yang berada di Kabupaten Malinau dan Kerayan. Metode/Pendekatan dalam penelitian ini Penelitian dialektologi dalam bahasa Lundayeh ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan ini diaplikasikan untuk membuat deskripsi mengenai sifat-sifat, keadaan, serta hubungan fenomena-fenomena yang diteliti. Hasil Penelitian ini merupakan bentuk perbandingan kosakata bahasa Dayak Lundayeh dalam bentuk leksikal dan dapat mengetahui pola persebaran sub suku Dayak  Lundayeh tersebut.

Keywords


Dayak Lundayeh; Leksikologi

Full Text:

PDF

References


Ayotrahaedi. 1979. Dialektologi. Jakarta: Depdikbud.

Chair, Abdul 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ricky Yakub Ganang, T. P, Yansen M. SI. 2018. Dayak Lundayeh Idi Lun Bawang Budaya Serumpun di Daratan Tinggi Borneo. Palangka Raya: Penerbit Lembaga Literasi Dayak.

Sarinon, Agus, M. Hum. 2015. Pengantar Dialektologi Panduan Penelitian dengan Dialektometri. Indonesia: Caps Publisihing.

Wardhaugh, Ronald. 2005. An Introduction to Sociolinguistics. Blackwell: USA.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i1.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â