KINERJA KEPALA SEKOLAH (Peningkatan Mutu Pendidik di Lingkungan SMK Negeri 1 Sukapura)

Budi Djatmiko, Moh. Khoirul Anam

Abstract


Mutu pendidikan ditingkatkan melalui standarisasi dan profesionalisasi yang sedang berjalan, hal ini menuntut pemahaman dari berbagai pihak atas perubahan yang terjadi. Melalui kebijakan otonomi daerah, menjadikan daerah mengurus daerah masing-masing yang meliputi hampir keseluruhan bidang yang di bebankan kepada daerah. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang efektif yaitu kepemimpinan yang lebih mendasar pada tugas yang akhirnya akan menghasilkan penilaian yang positif terhadap keberhasilan kerja. Kepemimpinan Kepala juga  mendasar pada orang dan penempatan guru, staf administrasi, tenaga kependidikan dan siswa sesuai proporsinya masing- masing. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu metode penelitian naturalistik kualitatif. Tujuan penelitian naturalistik adalah untuk mengetahui aktualitas, realitas sosial dan persepsi manusia melalui pengakuan mereka melalui penonjolan pengukuran formal atau pertanyaan penelitian dipersiapkan sebelumnya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sukapura telah menjalankan tanggung jawabnya sebagai pimpinan secara keseluruhan dengan baik. Hal ini dapat diketahui melalui kinerja yang dilakukan utamanya dalam hal peningkatan mutu tenaga pendidik yang ada disekolah. Program-program yang dijalankan seperti IHT (In house training) dan pemberian  kewenangan pada berbagai macam kegiatan seperti MGMP, pendidikan dan pelatihan, seminar, dan kewirausahaan. Kinerja Kepala Sekolah dapat dipengaruhi oleh: 1). Kondisi geografis sekolah, 2). Pemberian pembelajaran yang belum sesuai dengan latar belakang pendidikan. dan 3). Lingkungan yang kondusif karena dikelilingi dengan hasil perkebunan yang dapat dijadikan sumber belajar dan pendidikan kewirausahaan yang akan menjadi modal bagi siswa dan tenaga pendidik sebagai wawasan mereka. Upaya yang dapat dilakukan yaitu : 1). supervisi pendidikan 2). Penilaian kinerja guru (PKG). dan 3). program evaluasi diri (EDS) sekolah.

Keywords


Kinerja; Peningkatan Mutu; dan Tenaga Kependidikan

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan . Yogyakarta: Aswaja Press Indonesia.

Alwildayanto, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan dalam Pengembangan Budaya Mutu (Principal Leadership Quality Culture). Yogyakarta: DeePublish.

Elger, D. (2007). Theory of Performance. Faculty Develpment Series.

Hadis, A., & Nurhayati. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hermawan, B (2017). Strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kumai. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

Limakrisna, N., & Ali, H. (2016). Model of customer satisfaction: Empirical study at fast food restaurants in bandung. International Journal of Business and Commerce, 5(6), 132–146.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis Second Edition.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. AULADUNA, 233-245.

Musyaddad, K. (2013). Problematika Pendidikan di Indonesia. Edu-Bio, 51-57.

Nagoba, B. S., & Mantri, S. B. (2015). Role of Teachers in Quality Enhancement in Higher Education. Journal of Krishna Institute of Medical Sciences University 4(1), 177-182

Nurhayati, A., & Sagoro, E. M. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru dan Ketersediaan Sarana Prasarana Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi Akuntansi. Kajian Pendidikan Akutansi Indonesia, 6(6), 1–14.

Nurmawati, N. K. Y., & Mandra, I. W. (2018). Peranan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu dan kompetensi guru agama Hindu di Sekolah dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2).

Pramono, H. (2012). Pengaruh Sistem Pembinaan Sarana Prasarana dan Pendidikan Latihan terhadap Kompetensi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan 29(1), 7–16.

Ramdhani, N., Ancok, D., Swasono, Y., & Suryanto, P. (2012). Teacher Quality Improvement Program : Empowering teachers to increasing a quality of Indonesian’s education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69 (Iceepsy), 1836–1841. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.134

Rosita, R. (2016). Usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam (Studi Kasus di MTS ALINAYAH Bandung). Tarbawy, 3, 75–89.

Sallis, E. (2011). Total Quality Management In Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta

Sutrisno, E., Fatoni, A., & Nawawi, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i2.3406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â