PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN BLENDED LEARNING BERBASIS WHATSAPP GRUP SISWA KELAS VA SD NEGERI 036 TARAKAN

Darma Gultom

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran blended learning berbasis WA Grup. Subjek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran blended learning berbasis WA Grup. Adapun kelas yang akan digunakan adalah kelas VA SD Negeri 036 Tarakan yang berjumlah 24 orang anak, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Kelas VA dipilih karena peneliti menjadi guru kelasnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar dalam memahami pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran blended learning berbasis WA Grup. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pendekatan pembelajaran blended learning berbasis WA Grup, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan sehingga mengalami peningkatkan hasil belajar di setiap siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar. Untuk hasil belajar pada siklus I menunjukan peningkatan 62,5% sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 87,5% walaupun masih ada 2 orang siswa atau 8,3% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua siswa kelas VA ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran blended learning berbasis WA Grup dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan metode pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama metode pembelajaran serta media yang digunakan di sekolah sehingga mendukung terlaksanannya proses pembelajaran, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.


Keywords


Hasil Belajar,Pendekatan Pembelajaran Blended Learning Berbasis WA Grup.

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2013. Cooperative Lear- ning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembe- lajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Benny.A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Pener- bit Dian Rakyat.

Cholid Narbuko & Abu Achmadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimiyati dan Mudijono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erna Febru Aries S. 2011. Assesmen dan Evaluasi. Yogyakarta: AM Pub- lishing.

Evaline Siregar & Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Gahlia Indonesia.

Farida Yusuf Tayibnapis. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Jamil Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Khanifatul. 2014. Pembelajaran Inovatif: Startegi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogya- karta: Ar-Ruzz Media.

Kokom Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual, konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Peneli- tian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

M. Atwi Suparman. 2014. Desain Instruksional Modern Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

M. Ngalim Purwanto. 2013. Prinsip– Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martinis Yamin & Bansu I. Ansari, 2009. Taktik Mengembangkan Kemam- puan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendi- dikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukamadinata & Erliana Syaodih 2012. Kurikulum dan Pem- belajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Oemar Hamalik. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Restu. 2010. Asas Metodologi Penelitian.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saur Tampubolon. 2013. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengem- bangan Profesi Pendidik dan Ke- ilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Ter- padu: Konsep, strategi, dan Imple- mentasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zainal Arifin. 2013. Evaluasi Pembela- jaran. Bandung: PT. Remaja Rosda- karya




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i2.3508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â