UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP GRUP SISWA KELAS VIA SDN 036 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran daring berbantuan WhatsApp Grup. Subjek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajAran daring berbantuan WhatsApp Grup. Adapun kelas yang akan digunakan adalah kelas VIA SD Negeri 036 Tarakan yang berjumlah 29 orang anak, yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Kelas VIB dipilih karena peneliti menjadi guru kelasnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar dalam memahami pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran daring berbantuan WhatsApp Grup. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pendekatan pembelajaran daring berbantuan WhatsApp Grup, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan sehingga mengalami peningkatkan hasil belajar di setiap siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar. Untuk hasil belajar pada siklus I menunjukan peningkatan 34,5% sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 82,8% walaupun masih ada 2 orang siswa atau 6,9% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua siswa kelas VIA ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran daring berbantuan WhatsApp Grup dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama pendekatan pembelajaran serta media yang digunakan di sekolah sehingga mendukung terlaksanannya proses pembelajaran, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, Choirul dan Amin Priyono. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.
Astutik, Sri. Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbasis Eksperimen Pada pembelajaran Sains Di SDN Patrang I
Jember.http://library.unej.ac.id/client/en_ US/default/search/asset/294?dt=list. Diakses tanggal 09 Januari 2020,
jam 13.18 PM.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Jurus-Jurus Belajar Efektif Untuk SMP dan SMA. Jogjakarta: DIVA Press.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Chatib, Munif. 2013. Gurunya Manusia.
Bandung: Kaifa.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Dzulhijah, Agung. 2014. Analisis Hasil Belajar “Pengetahuan Bahan Makanan†Pada Praktik Mengolah Makanan Kontinental Siswa Kelas XI SMKN 2 Baleendah. Diaskes pada tanggal 07 Januari 2020, jam 11.16 PM.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajar. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kunandar. 2013. Langkah-Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
……….... 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kuntari.2012.Pengembangan Pembelajaran IPA Berorientasi Konstruktivistik Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) Di Kelas IV Min Kalibuntu Wetan Kendal. http://eprints.walisongo.ac.id/666/2/0 73911011_Bab2.pdf. Diakses pada tanggal 09 Januari 2020, jam 11 : 34 AM.
Lawson, Anton E. 1995. Science Teaching And The Development Of Thingking. California : International Thomson.
Mawarni, Ike. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-A SDN 028 Tarakan. Skripsi. FKIP Universitas Borneo Tarakan, tidak diterbitkan.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rositawaty, S. dan Aris Muharam. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahamd. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suwandi, Sarwiji. 2011. Model-Model Asesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Wahyono, Budi dan Setya Nurachmandani. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran KontenporerSuatu Tinjauan Konseptual Operasional.
Jakarta: Bumi Agsara.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i2.3509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :