ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMPN 3 TARAKAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR RENDAH

Setia Widia Rahayu, Fendi Nurdianto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMPN 3 Tarakan dalam menyelesaikan soal HOTS. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal hots berada pada level 2 yaitu : Mengembangkan dan mengidentifikasi masalah, dan menetapkan asumsi. Memilih, membandingkan, dan   mengevaluasi   dengan tepat strategi pemecahan   masalah   terkait   dengan   permasalahan kompleks yang berhubungan dengan model. Menggunakan pemikiran dan penalaran yang luas, serta secara tepat menghubungkan representasi. Melakukan refleksi dari pekerjaan   mereka   dan   dapat merumuskan dan mengkomunikasikan penafsiran dan alasan mereka.

Keywords


Literasi Matematis, Higer Order Thinking Skils, Prestasi Belajar Rendah

Full Text:

PDF

References


Arifin. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Jufri, L. H. (2015). Penerapan Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Level 3 pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Bandung. Lemma. 2(1). 52-62.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakaya.

OECD. (2015). PISA 2015: Draft

Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing.

Rohaeti, E.E. (2012). Analisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates. Jurnal Infinity, 186-191.

Sari, I,P.,Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah program linear. JIPM(Jurnal Ilmiah

Setiawan, Harianto, dkk. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 19 November 2014. 244-255.

Syawahid, M , S,Putrawangsana. (2017). Kemampuan Literasi Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar. Beta(Jurnal tadris matemtika), 10(2). 222-240

Syah. Muhibin 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Widodo, S. A., Sunardi, L. Nurcholis D. S. (2015). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XIA-4 SMA Negeri 1 Ambulu. Artikel Ilmiah Mahasiswa 2015,1(1),1-5

Widana, I . 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. 46 hlm




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i2.3510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â