UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MANUSIA TEMPAT DAN LINGKUNGAN DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI GOOGLE CLASSROOM SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 5 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sri Sayekti

Abstract


Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar dengan video pembelajaran melalui Google Classroom. Adapun objek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Tarakan yang berjumlah 32 orang anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar dalam memahami pembelajaran menggunakan media video pembelajaran melalui Google Classroom. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan media video pembelajaran melalui Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar pada siklus I menunjukan peningkatan sebanyak 16 orang atau 50,0% dengan rata-rata nilai 67,5 sedangkan pada siklus ke II meningkat sebanyak 27 orang atau 84,4% dengan rata-rata 82,6 walaupun masih ada 2 orang siswa atau 8,3% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua siswa kelas VIIA ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran.

Keywords


Hasil Belajar, Google Classroom, Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdul, B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google classroom dan Edmodo. Jurnal I-STATEMENT, Vol.2 No. 1.

Agustiningsih, (2015), Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di SD, Jurnal Pedagogia, 4 (1) : 2089-3833

Arikunto,Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Dimyati dan Mujiono.1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachtiar, M. (2014). E-learning (Konsep dan Teknologi), Paper Universitas Negeri Semarang. Semarang: UNNES.

Hutabarat, EP.1988. Cara Belajar, Pedoman Praktis Untuk Belajar Secara Efesien Dan Efektif. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Ketut Agustin, 2020 Jurnal Ilmiah Pendidiakn dan pembelajaran, Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa menggunakan Model R dan D

Nasution,S, 1982. Dedaktik Azas Azas Mengajar. Bandung : Jemars.

R Farista, I Ali. Pengembangan Video Pembelajaran, 2018. UMSIDA

Sa’dun Akbar 2009 Penelitian Tindakan Kelas Filosofos, Metodologi.Implementasi.Cipta Media: Yogyakarta.

Siahaan, S. (2003). E-learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 9 (42). 303-321.

Siti Haniah, 2019 Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Sarana Belajar Dalam Pembelajaran IPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Slameto. 2003.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT.Rineka Cipta : Jakarta

Soni., Afdhil H., Regiollina H., Yuliana F., Febby A.W., dkk. (2018). Oprimalisasi Pemanfaatan Google classroom sebagai Media Pembelajaran. Jurnal UMRI

Sudjana, Nana. 1982. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo : Jakarta.

Sudjana, Nana. 1983. Dasar–Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i2.3513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â