EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PANDANGAN PESERTA DIDIK KELAS X TKJ1 SMK NEGERI 2 TARAKAN

Kule Kule

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran daring atau pembelajaran dalam jaringan berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan peserta didiknya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Apalagi saat kondisi paandemi COVID 19 yang melarang pembelajaran tatap muka. Media pembelajaran daring yang digunakan subjek penulisan makalah adalah Google Classroom. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menganalisis efektifitas dalam pemebelajaran daring menggunakan Google Classroom berdasarkan pengalaman peserta didik. Metode yang dikumpulkan dalam pengumpulan data adalah survei kepada narasumber yaitu peserta didik kelas XTKJ1 SMK negeri 2 Tarakan. Hasil dari survei dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tatap muka lebih efektif ketimbang pembelajaran daring menggunakan Google Classroom. Namun secara umum pembelajaran daring menggunakan Google Classroom memuaskan dan menyenangkan peserta didik. Disamping itu ada beberapa hal yang harus ditingkatkan agar pembelajaran daring menggunakan Google Classroom menjadi efektif, diantaranya dengan mengkombinasikan dengan teknologi lain semisal video conferensi agar peserta didik lebih memahami materi yang disampaikan oleh pendidik.


Keywords


Kata Kunci : Daring, Google Classroom, Peserta didik, Efektifitas.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i1.3556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â