PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA MELALUI ALAT PERAGA SUKU KATA DENGAN WHATSAPP SISWA KELAS IC SD NEGERI 002 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Jawiyah Jawiyah

Abstract


ABSTRAK Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui alat peraga suku kata dengan WhatsApp Grup. Subjek penelitian ini yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia melalui alat peraga suku kata dengan WhatsApp Grup. Adapun kelas yang akan digunakan adalah kelas IC SD Negeri 002 Tarakan yang berjumlah 28 orang anak, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Kelas IC dipilih karena peneliti menjadi guru kelasnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar dalam memahami pembelajaran menggunakan alat peraga suku kata dengan WhatsApp Grup. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan alat peraga suku kata dengan WhatsApp Grup, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan sehingga mengalami peningkatkan hasil belajar di setiap siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar. Untuk hasil belajar pada siklus I menunjukan peningkatan 46,6% dengan rata-rata nilai klasikal 65,8 sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 85,7% dengan rata-rata nilai klasikal 82,5 walaupun masih ada 2 orang siswa atau 7,1% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua siswa kelas IC ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan alat peraga suku kata WhatsApp Grup dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama pendekatan pembelajaran serta media yang digunakan di sekolah sehingga mendukung terlaksanannya proses pembelajaran, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Alat Peraga Suku Kata, WhatsApp.

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi.2006.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Adawiyah, R. Analisis isi pesan dakwah dalam materi tasawuf pada kitab alhikam karya Ibn atha'illah.

Alex Sobur.2004. Analisis Teks Media, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Aminah, S. 2008. Analisis wacana pesan moral dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Arini, I.K, 2015. Pengembangan Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Artikel.

Dimyati dan Mujiono.1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Day One Juz (Odoj) Dalam Meningkatkan Minat Tilawah Odojer Di Kota Pekanbaru, hal. 9

Difika, F.2016. Dakwah melalui Instagram (studi analisis materi dakwah dalam Instagram Yusuf Mansur, Felix Siauw, Aa Gym, Arifin Ilham) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Hutabarat,EP.1988. Cara Belajar, Pedoman Praktis Untuk Belajar Secara Efesien Dan Efektif. Jakarta : BPK Gunung Mulia http//www.google.co.id.Type-type Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diakses 2 Januari 2020

Morrissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Onong Uchjana Effendy.1992. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung : PT Remaja Rosdakarya.Nasution,S, 1982. Dedaktik Azas Azas Mengajar. Bandung : Jemars




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i1.3557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â