UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI GRUP WHATSAPP SISWA KELAS VA SDN 001 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Suriati Suriati

Abstract


ABSTRAK Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran daring melalui Grup WhatsApp. Subjek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran daring melalui Grup WhatsApp. Adapun kelas yang akan digunakan adalah kelas VA SD Negeri 001 Tarakan yang berjumlah 25 orang anak, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Kelas VA dipilih karena peneliti menjadi guru kelasnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar dalam memahami pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran daring melalui Grup WhatsApp. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pendekatan pembelajaran daring melalui Grup WhatsApp, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan sehingga mengalami peningkatkan hasil belajar di setiap siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar. Untuk hasil belajar pada siklus I menunjukan peningkatan 48,3% sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 82,8% walaupun masih ada 2 orang siswa atau 6,9% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua siswa kelas VA ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran daring melalui Grup WhatsApp dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama pendekatan pembelajaran serta media yang digunakan di sekolah sehingga mendukung terlaksanannya proses pembelajaran, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Daring, WhatsApp

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Jurus-Jurus Belajar Efektif Untuk SMP dan SMA. Jogjakarta: DIVA Press.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Chatib, Munif. 2013. Gurunya Manusia.Bandung: Kaifa.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Dzulhijah, Agung. 2014. Analisis Hasil Belajar “Pengetahuan Bahan Makanan†Pada Praktik Mengolah Makanan Kontinental Siswa Kelas

XI SMKN 2 Baleendah. Diaskes pada tanggal 07 Januari 2021, jam 11.16 PM. https://iainsurakarta.ac.id/%EF%BB%BFefektifitas-pembelajaran-berbasis-daring-elearning-dalam-pandangan-siswa/.Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012.

Evaluasi Pembelajar. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kunandar. 2013. Langkah-Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kuntari. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Berorientasi Konstruktivistik Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) Di Kelas IV Min Kalibuntu Wetan Kendal. http://eprints.walisongo.ac.id/666/2/073911011_Bab2.pdf. Diakses pada tanggal 09 Januari 2021, jam 11 : 34 AM.

Lawson, Anton E. 1995. Science Teaching And The Development Of Thingking.California:International Thomson.

Mawarni, Ike. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-A SDN 028 Tarakan. Skripsi. FKIP Universitas Borneo Tarakan, tidak diterbitkan.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rositawaty, S. dan Aris Muharam. 2008.Senang Belajar Ilmu Pengetahuan




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i1.3558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â