PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP DARING DALAM MASA PANDEMI COVID 19 DI SMK NEGERI 2 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Eko Dani Wariyanto

Abstract


ABSTRAK Tujuan dilakukannya penelitian tindakan sekolah ini (PTS) adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP Daring. Subjek penelitian ini yaitu kemampuan guru dalam menyusun RPP Daring selama kegiatan pembelajaran di masa pandemic covid 19. Adapun sekolah yang akan digunakan adalah SMK Negeri 2 Tarakan yang berjumlah 60 orang guru mata pelajaran. Sekolah ini dipilih karena peneliti menjadi kepala sekolahnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan supervisi. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan kemampuan guru dalam memahami dan menyusun RPP Daring menggunakan supervisi pembelajaran guru semasa pandemic covid 19 di Kota Tarakan. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan supervisi terhadap persiapan dan penyusunan RPP Daring, dapat meningkatkan kemampuan guru, yang dibuktikan dengan hasil pengamatan di setiap aspek pengamatan, tindakan sehingga mengalami peningkatkan kemampuan guru di setiap siklus dan setiap akhir pertemuan supervisi. Untuk hasil pertemuan1 pada siklus I menunjukan peningkatan 20,0% dengan rata-rata hasil belajar 2,7 dengan kategori cukup sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 83,3% dengan rata-rata hasil belajar 4,1 dengan kategori sangat mampu walaupun masih ada yang belum mampu mencapai kemampuan menyusun RPP Daring dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemic covid 19 maka akan diberikan pembinaqn secara khusus sehingga semua guru mempunyai kemampuan menyusun RPP Daring dalam pembelajaran. Dengan demikian, persiapan dan kemampuan menyusun RPP Daring dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP Daring, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan, metode pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama metode pembelajaran serta media yang digunakan di sekolah sehingga mendukung terlaksanannya proses pembelajaran, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Keywords


Kemampuan Guru, RPP Daring

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. RinekaCipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek.PT Rineka Cipta, Jakarta

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta :BSNP.

Depdiknas. 2005.Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.41 tahun 2007 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Direktorat Dikmenum. 1999.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta : Depdiknas.

E. Mulyasa. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi, PT Rosda Karya, Bandung.

E. Mulyasa 2008. Implementasi KTSP, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nana Sudjana. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i1.3559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â