MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI DESCRIPTIVE TEXT DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT MELALUI MEDIA WHATSAPP

Yulli Fransisca Endey

Abstract


ABSTRAK

Pada masa pandemi guru-guru pada SMK Negeri 1 Tarakan sepakat untuk menggunakan teknologi sebagai media belajar jarak jauh. Salah satu aplikasi yang dipergunakan adalah WhatsApp karena aplikasi ini mudah dan terjangkau. Karena masa pandemi yang tiba-tiba terjadi memaksa para guru dan siswa untuk belajar jarak jauh menggunakan aplikasi daring hal ini menyebabkan tidak terbiasanya menggunakan aplikasi daring ini sehingga pembelajaran bahasa inggris materi descriptive text pada kelas X tata Boga 2 SMK Negeri 1 Tarakan pada pembelajaran jarak jauh belum optimal karena memiliki nilai tidak sesuai KKM ataupun di bawahnya. Maka dilakukan perbaikan pembelajaran menggunakan media WhatsApp dengan metode ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari dua buah siklus dalam melaksanakan penelitiannya. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini meningkatkan persentase ketuntasan dari 27,77% menjadi 72,22%, berdasarkan hasil ini PTK dilanjutkan pada siklus ke-II yang hasilnya menunjukkan peningkatan yang lebih baik lagi yaitu 91,7% siswa mencapai tingkat ketuntasan dan mendapatkan nilai melebihi KKM ≥72. 


Keywords


Hasil Belajar, Media WhatsApp, PowerPoint

Full Text:

PDF

References


Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema Journal.

Fuad, A. J., & Permatasari, A. D. (2019). Penggunaan Media Slide PowerPoint dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. EL Bidiyah: Journal of Islamic Elementary Education, 61-78.

Hartati, Z., & Hidayati, N. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru MTS. Islamiyah Kota Kota Palangkaraya. Al-Khidma Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2,

-120.

Maimunah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Pemanfaatan Peta Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Syamtali Bayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ragam 2.2(2).

Mutmainnah. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 123-130.

Sani, R. A. (2017). Penelitian Tindakan Kelas : pengembangan profesi guru / penulis. Tanggerang: Tira Smart.

Septyanti, E., & Kurniawan, O. (2020). Studi Eksploratif Kebutuhan Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Menyimak pada Masa Pandemi Covid 19. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(4)




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i1.3562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â