PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ENGINE DAN UNIT ALAT BERAT MATERI MENDIAGNOSA GANGGUAN SISTEM PENDINGIN ENGINE MELALUI METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII TEKNIK ALAT BERAT SMK NEGERI 2 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

M Paguh Hariyanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana meningkatkan hasil belajar dalam mendiagnosa gangguan pada sistem pendingin engine melalui metode pembelajaran Brainstorming kelas XII Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Tarakan semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Tempat penelitian di SMK Negeri 2 Tarakan, dilaksanakan pada bulan Januari 2022 hingga April 2022 pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Subyek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XII Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Tarakan yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan, demikian pula halnya siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar serta observasi aktivitas peserta didik dan guru dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menerapkan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Tarakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan tindakan penelitian yang tuntas hanya 6 orang atau 18,8% sehingga melalui metode pembelajaran Brainstorming pada siklus I dengan nilai rata-rata 73,0 atau dengan ketuntasan 56,3% dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 81,9 dengan persentase 93,8% dan 80% peserta didik telah mencapai nilai di atas 75,0 sehingga penelitian dihentikan.  


Keywords


Brainstorming, Diagnosa, Sistem Pendingin Engine

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Indonesia: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta. https://calonpendidik.com/model-kemmismc-taggart/. Diakses Senin 7 Maret 2022.

Dirjen GTK. (2016). Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar (Buku 4). Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komatsu. (2002). Shop Manual Komatsu D85E-SS-2. Japan: Komatsu.PT. United Tractors Tbk. (2011). Basic Maintenance. Jakarta, Indonesia: Technical Training Department PT. United Tractors Tbk.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta, Indonesia: Deepublish.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika.Bandung, Indonesia: Tarsito.

UT School. (2008). Diesel Engine. Jakarta, Indonesia: Yayasan Karya Bakti United Tractors.

UT School. (2009). Basic Trouble Shooting. Jakarta, Indonesia: Yayasan Karya Bakti United Tractors.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i1.3563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â