UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS IX.8 SMP NEGERI 4 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Masita Masita

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks laporan percobaan pada siswa kelas IX.8 SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca teks pada siswa kelas IX.8 SMP Negeri 4 Tarakan. Subjek dalam penelitian ini  adalah siswa kelas IX.8 semester genap SMP Negeri 4 Tarakan yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 bulan mulai bulan Januari 2023 sampai bulan Maret 2023. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 kali siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca teks pada siswa kelas IX.8 SMP Negeri 4 Tarakan tahun pelajaran 2022/2023. Terbukti pada nilai ulangan harian pratindakan terdapat 7 siswa atau 23,3% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 56,0. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas ada 12 siswa atau 40% dengan nilai rata-rata kelas 63,7. Pada siklus II siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,2 dengan ketuntasan 93,3%. Nilai yang diperoleh pada siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang diharapkan telah tercapai yaitu 80% siswa yang tuntas belajar.

Keywords


Model Pembelajaran Think Talk Write, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002), 12

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Tenaga Pendidikan.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih, 2004. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. (Yogyakarta: PAS. Departemen Pendidikan Nasional, 2004), 57

Hasan. A., dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Ilyas. 2004. Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan. Samarinda.

Kurikulum 2013. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Mintowati, Maria. 2003. Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa. E 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyati, dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahayu, Mempraktekkan Cooperatve Learning Di Ruang-ruang Kelas. Johanta, Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002), 14

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya. 2008. Perencanaan dan desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suyatno. 2006. Teknik dan Metode Pembelajaran. Surabaya: SIC.

Sadiman, A. dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud. PT Raja Grafindo Persada, 2006), 5

Tarigan. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Thorndike. 1967. Membaca . Jakarta Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i1.3635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â