PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Marlina Patiung

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran demonstrasi. Subjek penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar melalui metode pembelajaran demonstrasi. Adapun kelas yang akan digunakan adalah Kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Tarakan  yang berjumlah 31 orang, yang terdiri dari 16 anak laki–laki dan 15 anak perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan melalui tindakan observasi, dan dokumentasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar siswa.Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan  hasil belajar siswa,  yang  dibuktikan  dengan peningkatan hasil belajar siswa disetiap aspek pengamatan, tindakan  dan tes akhir pembelajaran sehingga mengalami peningkatkan  hasil belajar disetiap  siklus.  Untuk  hasil  belajar siswa  pada siklus I menunjukan peningkatan 61,3% sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 83,9% dengan rata-rata nilai hasil belajar siklus I sebesar 70,5 meningkat menjadi 82,6 pada siklus II dan hasil yang diperoleh dalam penelitian telah mencapai ketuntasan minimal bahkan melebihi dari KKM yang ditetapkan walaupun masih terdapat 2 orang siswa atau 6,5% belum tuntas dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial tersendiri dalam waktu yang berbeda sehingga semua siswa tuntas dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat  meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk  mendukung terlaksanannya proses  pembelajaran, yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Alwi Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Matematika. Balai Pustaka: Jakarta.

Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002), 12

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Tenaga Pendidikan.

Ilyas. 2004. Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan. Samarinda.

Kurikulum 2013. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Mintowati, Maria. 2003. Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa. E 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyati, dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahayu, Mempraktekkan Cooperatve Learning Di Ruang-ruang Kelas. Johanta, Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002), 14

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya. 2008. Perencanaan dan desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suyatno. 2006. Teknik dan Metode Pembelajaran. Surabaya: SIC.

Sadiman, Arif dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud. PT Raja Grafindo Persada, 2006), 5

Tarigan . 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Thorndike. 1967. Membaca . Jakarta Balai Pustaka.

Zuchdi, D. dan Budiasih, 2004. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. (Yogyakarta: PAS. Departemen Pendidikan Nasional, 2004), 57




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i1.3636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â