PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI I’M PROUD OF INDONESIA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING) SISWA KELAS VIII.3 SMP NEGERI 4 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sri Indah Susilowati

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah. Adapun kelas yang akan digunakan adalah kelas VII.3 SMP Negeri 4  Tarakan  yang berjumlah 32 orang anak, yang terdiri dari 21 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Kelas VII.3 dipilih karena peneliti menjadi guru kelasnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar dalam memahami pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan metode pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan  hasil belajar siswa, yang  dibuktikan  dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan  sehingga mengalami peningkatkan  hasil belajar di setiap  siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar.  Untuk  hasil  belajar pada siklus I menunjukan peningkatan 56,3% sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 84,4% walaupun masih ada 2 orang siswa atau 6,2% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua siswa kelas VII.3 ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dapat  meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan metode pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama metode pembelajaran serta media yang digunakan di sekolah sehingga mendukung terlaksanannya proses  pembelajaran, yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Keywords


Hasil Belajar,Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Dayan, Anto. 1972. Pengantar Metode Statistik Deskriptif. Lembaga Penelitian Pendidian dan Penerangan Ekonomi.

Desna, I.W. dan Sutrisno.2007. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam http://lubisgrafura.word.press.com/2007/09/19/ pembelajaran-berbasis-masalah, diakses 2 Januari 2020.

Hadi, Sutrisno. 198. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.

Made Wena.2010. Strategi Pembe-lajaran Inovatif dan Kontem-porer. Jakarta: Bumi Aksara.

Melvin, L. Siberman. 2004. Aktif Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.

Ngalim, P. M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013 tentang Implemensi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.

Prasetyo, B., dan Jannah, L. M. 2013. Metode Kuantitatif. Jakarta :Raja Grafindo Persada.

Riduwan. 2000. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2010. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sani, R.A. 2014. Pembe-lajaran Saintific untuk Imple-mentasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembe-lajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Arruz Media.

Sudarman. 2007. PBL Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengem-bangkan dan Meningkatkan Ke-mampuan Memecahkan Masalah. Samarinda: Artikel Ilmiah FKIP Universitas Mulawarman.

Sudjana, N.2005.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Ban-dung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suprijono, A. 2011. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, A.2008. Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Teori Dan Aplikasinya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Surakhmad, W. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Thobrani, M dan Mustofa, A. 2013.Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto.2007. Model-Model Pembela-jaran Inovati Berorientasi Kons-truktivis. Jakarta: Presentasi Pus-taka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i1.3637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â