PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IB SD NEGERI 041 PENINGKI PERMAI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kristina Kristina

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil membaca siswa menggunakan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan siswa membaca menggunakan metode demonstrasi. Adapun kelas yang akan digunakan adalah Kelas IB SD Negeri 041 Peningki Permai  yang berjumlah 27 orang, yang terdiri dari 17 anak laki–laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan melalui tindakan observasi, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas  dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan. Digunakan dua siklus agar diketahui dengan pasti peningkatan kemampuan membaca siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan  hasil kemampuan membaca siswa,  yang  dibuktikan  dengan peningkatan hasil kemampuan membaca siswa disetiap aspek pengamatan, tindakan  dan tes akhir pembelajaran sehingga mengalami peningkatkan  hasil kemampuan membaca disetiap  siklus.  Untuk  hasil  kemampuan membaca siswa  pada siklus I menunjukan peningkatan dari 37,0% sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 88,9% dengan rata-rata nilai hasil kemampuan membaca siklus I sebesar 63,3 meningkat menjadi 80,2 pada siklus II dan hasil yang diperoleh dalam penelitian telah mencapai ketuntasan minimal bahkan melebihi dari KKM yang ditetapkan.Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat  meningkatkan hasil kemampuan membaca siswa, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan media pembelajaran dalam pembelajaran untuk  mendukung terlaksanannya proses  pembelajaran, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.


Keywords


Hasil Kemampuan Membaca, Demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Alwi Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002), 12

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Tenaga Pendidikan.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih, 2004. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. (Yogyakarta: PAS. Departemen Pendidikan Nasional, 2004), 57

Ilyas. 2004. Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan. Samarinda.

Kurikulum 2013. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Mintowati, Maria. 2003. Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa. E 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyati, dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahayu, Mempraktekkan Cooperatve Learning Di Ruang-ruang Kelas. Johanta, Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002), 14

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya. 2008. Perencanaan dan desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suyatno. 2006. Teknik dan Metode Pembelajaran. Surabaya: SIC.

Sadiman, Arif dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud. PT Raja Grafindo Persada, 2006), 5

Tarigan . 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Thorndike. 1967. Membaca . Jakarta Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i2.3657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â