PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELAS IV SDN 021 TANJUNG SELOR

Yohana Mariama Martina Bentu, Kartini Kartini, Mety Toding Bua

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal yang ditinjau dari validasi media, materi, bahasa serta mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran buku saku berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research dan Development). Adapun prosedur pengembangan menggunakan model Pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penilaian kelayakan media pembelajaran buku saku berbasis kearifan lokal terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 80%, ahli materi 78%, ahli bahasa 90%. Hasil validasi ahli materi, media dan bahasa menunjukkan bahwa media pembelajaran buku saku berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil ketertarikan siswa pada uji coba terbatas sebesar 96% dan uji coba lapangan sebesar 93,2%. Hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba terbatas dan lapangan menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik terhadap media pembelajaran buku saku berbasis kearifan lokal.

 

ABSTRACT

This research aims to produce learning media in the form of Local Intelligence Based pocket Books that are reviewed from media validation, materials, languages as well as to know the interest of students in local intelligence-based pocket book learning media. This type of research is development. (Research dan Development). The ADDIE development model consists of five stages: analysis, design, development, implementation and evaluation. Local intelligence-based media eligibility assessment consists of media experts, material experts, and linguists. Validation results obtained from media experts were 80%, material experts 78%, language experts 90%. Materials, media and language expert validation results show that local intelligence-based pocket book learning media are highly valuable to use in the learning process. Student interest in the trial was limited to 96% and field trial to 93.2%. Results of elevated student interest in limited trials and field trials show that students are heavily interested in local pocket book-based learning media.

 


Keywords


Buku saku, Berbasis Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Alrafiful Rahman, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis MultiPlatform Pada Materi Peluang Tingkat Sma Sederajat. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 1(2), 87–100.

Arsyad, 2010) latihan dapat mempermahir keterampilan atau memperkuat konsep.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Fitri, H., Izzatin, M., & Ferryansyah, F. (2019). Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bilangan. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 1(1), 8–18. https://doi.org/10.35334/meta.v1i1.835

Khotimah, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Surakarta, U. M., Digna, D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Surakarta, U. M. (2021). PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM. 129–135.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Murdianti, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku IPA Materi Gerak

Muslikah, A., Hunaifi, A. A., & Saidah, K. (2020). Pengembangan Media BAPER (Batang Perkalian) pada Tema 2 Subtema 1 Lingkungan Bermain di Rumah Kelas 2 SD.

Nahar, L. (2020). Jurnal Syntax Admiration. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 553–566.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pingge, H. D. (2017). KEARIFAN LOKAL DAN PENERAPANNYA DI SEKOLAH CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Jurnal STKIP Weetebula. Jurnal Edukasi Sumba, 01(02), 128–135.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Setyaningrum, & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran

Salamah, U. (2014). Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, XI(1), 119–132.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wafiqni, Nafia., dan Nurani Siti. (2018). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol. 10, No. 2, P-ISSN: 2085-0034, E-ISSN: 259-3388.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i1.4133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â