PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA SEBATIK

Naufal Fitriyansyah

Abstract


Aplikasi Zoom adalah salah satu teknologi yang paling banyak dan paling popular di gunakan oleh para mahasiswa Sebatik dalam proses pembelajaram daring. Aplikasi ini dinilai mudah digunakan, efektif, efisien, dan aman. Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai perangkat seperti di hand phone, komputer, dan leptop. Penggunaan interaksi pembelajaran secara fleksibel tanpa waktu dan ruang, serta memiliki jangkauan yang lebih luas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, bahwa aplikasi Zoom memiliki kelebihan bagi mahasiswa Sebatik, yaitu (1) mudah digunakan; (2) kapan saja dapat digunakan tanpa mengenal waktu dan ruang; (3) fitur yang serbaguna untuk proses pembelajaran; (4) kualitas audio dan video yang tinggi; (5) berbagi layar dan latar belakang virtual; serta (6) memiliki opsi obrolan dan berbagi file. Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah (1) akses internet masih sulit di Sebatik; dan (2) kurangnya interaksi personal.

 

Kata kunci : pembelajaran, aplikasi zoom, daring

Full Text:

PDF

References


Bakarbessy, J. J. (2021). Fungsi WHO Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Dan Dampaknya Bagi Hak Asasi Manusia. Jurnal Tatohi : Jurnal Ilmu Hukum, 1 (9), 894-907.

Bates, A. W. (1995). Technology, Open Learning and Distance Education. London: Routledge.

Chaeruman, U. A. (2020). Terhadap Pembelajaran Di Era. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8 (1), 142–153.

Fitriyansyah, N . (2018). Tingkat Kesiapan Pulau Sebatik Untuk Menjadi Kota Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. 2020. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting Pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1), 665-675.

Kuntarto, E. Sofwan, M., & Mulyan, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1), 49-62.

Liu, A. N. A. M. M., & Ilyas, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 34-38.

Marhayani, D. A. (2021). Persepsi Mahasiswa STKIP Singkawang Terhadap Penggunaan E-Learning Berbasis Zoom Meeting. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1637-1646.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putranti R.I.K.A., 2013, Skrining Fitokimia Dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Rumput Laut Sargassum duplicatum dan Turbinaria ornata dari Jepara,. Semarang: Universitas Diponegoro.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4), 861-870.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.

Shahabadi, M. M., & Uplane, M. (2015). Synchronous And Asynchronous E-learning Styles And Academic Performance Of E-learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176 (2), 129–138.

Simarmata, J., & Mujiarto. (2019). Multimedia Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Wulf, K. 1996. Training via Internet: Where Are We?. Training & Development 50 No.5.

Widyaningrum, D. P. (2020). Pengaruh Zoom Meeting Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1 (2), 62–77.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen. 4 (1), 37-45.

Zhang, X., Chen, Q., Ng, R., & Koltun, V. (2019). Zoom to Learn, Learn to Zoom Supplementary Material. Proceedings of the IEEE/CVF Conference on Computer Vision and Pattern Recognition. 3762–3770.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â