PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI BAHASA INDONESIA TOPIK MEMBUAT KALIMAT AJAKAN PADA SISWA KELAS IIB SD NEGERI 036 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rosidah Rose

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik dengan subjek penelitiannya adalah hasil belajar siswa. Adapun kelas yang digunakan adalah kelas IIB SD Negeri 036  Tarakan  yang berjumlah 27 orang, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Kelas IIB dipilih karena peneliti menjadi guru kelasnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi.

Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Digunakan dua siklus agar diketahui dengan pasti sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik.

Setelah kegiatan penelitian dilaksanakan sesuai dengan perencanaan maka hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pendekatan pembelajaran saintifik, dapat meningkatkan  hasil belajar siswa, hal ini  dibuktikan  dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan sehingga mengalami peningkatkan  hasil belajar di setiap  siklus disetiap akhir pertemuan.  Hasil  belajar pada siklus I menunjukan peningkatan dari hanya 33,3% pada siklus ke II meningkat menjadi 92,6% walaupun masih ada 2 orang siswa atau 7,4% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua siswa kelas IIB ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran.

Dengan memperhatikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik di atas, maka disarankan kepada semua guru untuk mempersiapkan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama pendekatan pembelajaran yang digunakan serta media dan sarana yang mendukung di sekolah sehingga terlaksanannya proses pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â