SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAPAT MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 036 TARAKAN

Suryani Suryani

Abstract


Untuk meningkatkan kinerja guru SDN 036 Tarakan dalam melaksanakan proses pembelajaran  maka diperlukan supervisi akademik. Kegiatan supervisi akademik ini diperlukan untuk menjawab permasalahan, apakah ada upaya kepala sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan kinerja gurupun meningkat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Subjek dalam penelitian ini  adalah semua guru SDN 036 Tarakan yang berjumlah 16 orang guru, yang terdiri dari 3 guru laki-laki dan 13 guru perempuan. Kegiatan supervisi akademik  dilaksanakan dalam 3 bulan mulai bulan Juli 2022 sampai bulan September 2022 dengan melakukan supervisi akademik sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan serta setiap pertemuan mempunyai empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dan selanjutnya dianalisis secara statistik sederhana dengan menggunakan rumus persentase.

Temuan supervisi akademik  ini menunjukkan bahwa melalui  supervisi akademik terdapat rata-rata 5 orang guru atau 35,7% telah kompeten dalam melaksanakan proses belajar mengajar pada siklus I dan pada siklus II  meningkat menjadi 15 orang guru atau  92,9% yang kompeten walaupun masih ada 1 orang atau 7,1% yang hanya mencapai kriteria cukup kompeten namun tetap akan diberikan pembinaan supaya dapat mencapai kriteria kompeten pada melaksanakan proses belajar mengajar sehingga kinerjanya menjadi baik.

Dengan memperhatikan hasil supervise akademik terhadap guru SDN 036 Tarakan ini bahwa kinerja guru dapat meningkat kompetensinya karena ada perhatian dari kepala sekolah, dibimbing dalam kegiatan proses belajar mengajar, dan memberikan motivasi sehingga sehingga membuat semua kegiatan belajar mengajar dengan baik dan dampaknya hasil belajar siswa dapat meningkat dengan baik.

 

Kata Kunci:   Supervisi Akademik, Proses Belajar Mengajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â