HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 8.1 SMP NEGERI 1 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 MATERI SIMPLE PRESENT TENSE TERJADI PENINGKATAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Meliana Meliana

Abstract


Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan berbasis masalah. Penggunaan pendekatan berbasi maalah ini mengambil subjek penelitian adalah hasil belajar siswa. Kelas yang menjadi tempat penelitian adalah kelas 8.1 SMP Negeri 1  Tarakan  yang berjumlah 31 orang siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan dan kelas ini dipilih karena peneliti menjadi guru Bahasa Inggris dikelas tersebut. Data akan dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan tindakan serta refleksi.

Tindakan kelas ini dilaksanakan enam kali pertemuan mengajar dengan 2 siklus. Digunakan dua siklus supaya dalam pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat didokumentasikan terjadinya peningkatan hasil belajar.

Hasil belajar yang diperoleh dari tindakan menggunakan pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap aspek pengamatan dan tindakan  setelah berakhirnya kegiatan pembelajaran sehingga mendapatkan  nilai ketuntasan pada siklus I sebesar 64,5% sedangkan pada siklus ke II meningkat ketuntasan sebesar 87,1%. Dengan memperhatikan ketuntasan lebih dari 80% secara klasikal maka penelitian dihentikan walaupun masih terdapat 2 orang siswa atau 6,5% belum mencapai ketuntasan maka akan diberikan remedial tersendiri supaya semua siswa kelas 8.1 tuntas dalam pembelajaran.

Dengan memperhatikan nilai hasil belajar siswa setelah dilaksanakan penelitian maka disarankan untuk menggunakan pendekatan yang tepat dalam setiap pembe-lajaran dan mempersiapkan media yang digunakan di sekolah.

 

Kata kunci : Hasil Belajar,Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â