PERAN GURU DALAM MENGHADAPI KESULITAN BELAJAR SISWA

Retti Indra Ruliyani, Desy Irsalina Savitri

Abstract


ABSTRAK

Dalam proses pembelajaran di sekolah baik guru ataupun siswa pasti mengharapkan hasil yang terbaik. Namun pada kenyataannya, harapan tidak selamanya sesuai dengan apa yang diinginkan. Banyak terjadi di sekolah yang ada di Indonesia anak – anak mengalami hambatan – hambatan belajar yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar. Masih ada di antara peserta didik di Indonesia yang mendapatkan nilai di bawah standar sehingga nilai yang di peroleh dibawah standar yang telah ditentukan. Kesulitan belajar adalah kondisi siswa yang mengalami hambatan atau gangguan dalam belajar sehingga siswa tidak dapat belajar dengan baik. Kesulitan belajar bisa berasal faktor internal maupun faktor eksternal siswa. Hal ini menjadi tantangan untuk guru agar dapat membimbing dan mengarahkan siswa yang mengalami hambatan dalam belajar melalui peran guru di sekolah. Guru berperan membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Upaya yang dilakukan oleh guru seperti mengidentifikasi untuk menemukan siswa yang mengalmi kesulitan belajar, diagnosis untuk penentuan hasil pengolahan data siswa yang mengalami kesulitan belajar dan jenis kesulitan belajar siswa, prognosis untuk menyusun rencana tindak lanjut dan yang terakhir memberikan bantuan atau terapi kepada anak yang mengalami kesulitan dalam belajar.

Kata Kunci : peran guru, kesulitan belajar siswa

ABSTRACT

In the learning process at school, both teachers and students expect the best results. But in reality, expectations are not always in accordance with what is desired. Many occur in schools in Indonesia, children experience learning barriers that cause students to experience learning difficulties. There are still students in Indonesia who get grades below the standard so that the grades obtained are below the predetermined standard. Learning difficulties are conditions of students who experience obstacles or distractions in learning so that students cannot study well. Learning difficulties can come from internal factors and external factors of students. This is a challenge for teachers to be able to guide and direct students who experience learning difficulties through the teacher's role in school. Teachers play a role in helping students who have learning difficulties. Efforts made by the teacher such as identifying to find students who have learning difficulties, diagnosis for determining the results of data processing of students who have learning difficulties and types of student learning difficulties, prognosis for preparing follow-up plans and finally providing assistance or therapy to children who have difficulties in study.

 

Keywords: the role of the teacher, students' learning difficulties

Keywords


Peran guru, kesulitan belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i2.4592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â