UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA SMPN 1 TARAKAN

Yuni Dwi Yanti

Abstract


Tujuan PTK  untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode pembelajaran demonstrasi. Subjek penelitian yaitu peningkatan hasil belajar melalui metode pembelajaran demonstrasi. Kelas yang  digunakan  kelas IX.8 SMP Negeri 1 Tarakan  berjumlah 32 orang,  17 laki–laki dan 15 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian  dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus tiga pertemuan, agar dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian membuktikan, metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik,  dibuktikan  dengan peningkatan hasil belajar peserta didik disetiap aspek pengamatan, tindakan  dan tes akhir pembelajaran sehingga mengalami peningkatkan  hasil belajar disetiap  siklus.  Untuk  hasil  belajar peserta didik  pada siklus I menunjukan peningkatan 45,2% sedangkan pada siklus keII meningkat menjadi 87,1% dengan rata-rata nilai  siklus I sebesar 66,1 meningkat menjadi 82,7 pada siklus II dan hasil yang diperoleh dalam penelitian telah tercapai  bahkan melebihi  KKM yang ditetapkan walaupun masih terdapat 2  peserta didik atau 6,2% belum tuntas akan diberikan remedial tersendiri dalam waktu yang berbeda sehingga semua peserta didik tuntas. Dengan demikian,  metode pembelajaran demonstrasi dapat  meningkatkan hasil belajar peserta didik,  disarankan kepada guru untuk mempersiapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk  mendukung terlaksanannya  pembelajaran, yang menarik  sesuai  kebutuhan peserta didik.

Keywords


Learning Outcomes, Demonstration Learning Methods

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Dayan, Anto. (1972). Pengantar Metode Statistik Deskriptif. Lembaga Penelitian Pendidian dan Penerangan Ekonomi

Ginnis, P. (2008). Trik dan Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.

Hadi, Sutrisno. (1998). Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.

Riduwan. (2000). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â