UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA SMPN 1 TARAKAN
Abstract
Tujuan PTK untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode pembelajaran demonstrasi. Subjek penelitian yaitu peningkatan hasil belajar melalui metode pembelajaran demonstrasi. Kelas yang digunakan kelas IX.8 SMP Negeri 1 Tarakan berjumlah 32 orang, 17 laki–laki dan 15 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus tiga pertemuan, agar dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian membuktikan, metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik disetiap aspek pengamatan, tindakan dan tes akhir pembelajaran sehingga mengalami peningkatkan hasil belajar disetiap siklus. Untuk hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukan peningkatan 45,2% sedangkan pada siklus keII meningkat menjadi 87,1% dengan rata-rata nilai siklus I sebesar 66,1 meningkat menjadi 82,7 pada siklus II dan hasil yang diperoleh dalam penelitian telah tercapai bahkan melebihi KKM yang ditetapkan walaupun masih terdapat 2 peserta didik atau 6,2% belum tuntas akan diberikan remedial tersendiri dalam waktu yang berbeda sehingga semua peserta didik tuntas. Dengan demikian, metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, disarankan kepada guru untuk mempersiapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk mendukung terlaksanannya pembelajaran, yang menarik sesuai kebutuhan peserta didik.
Keywords
Learning Outcomes, Demonstration Learning Methods
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Dayan, Anto. (1972). Pengantar Metode Statistik Deskriptif. Lembaga Penelitian Pendidian dan Penerangan Ekonomi
Ginnis, P. (2008). Trik dan Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.
Hadi, Sutrisno. (1998). Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Riduwan. (2000). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :