PEMBUATAN DESAIN PRODUK MAKANAN MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 SUKAPURA PROBOLINGGO

Maya Fitria Eva Kristiana, Moh. Khoirul Anam

Abstract


Penelitian ini merupakan penilitian yang menggunakan pendekatan kualitatif Penelitian ini menggunakan metode observasi. Observasi bertujuan untuk mengamati kegiatan pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Projek Based Learning dengan memanfaatkan media canva. Fokus pembahasan adalah pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Produk Kreativitas dan Kewirausahaan. Pentingnya penggunaan media pembelajaran oleh pendidik sebagai dukungan dalam proses pengajaran di bidang pendidikan menjadi topik yang dibahas. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sukapura adalah Sekolah Kejuruan kelompok Pariwisata yang ada di Kabupaten Probolinggo. Salah satu keahlian jurusan yang ada adalah Tata Boga yang berfokus pada kompetensi keahlian kuliner. Kemampuan membuat desain yang baik dan menarik tentu dibutuhkan kompetensi atau keahlihan dalam pembuatannya dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada saat ini. Salah satu aplikasi desain yang ada saat adalah canva. Aplikasi ini bisa digunakan dengan ponsel pintar dan memiliki banyak kelebihan dibandingan dengan aplikasi yang lain. Kelebihan dari aplikasi diantaranya adalah gratis, bisa diakses menggunakan web ataupun android, tampilan sederhana tapi fitur lengkap dan tidak memerlukan ruang penyimpanan karena berbasis web dan cloud. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pendampingan secara komprehensif kepada mitra melalui sosialisasi aplikasi canva, penjelasanan aplikasi canva, fitur, kelebihan dan kekurangannya. Hasil dari kegiatan ini adalah peingkatan kemampuan mitra dalam penggunakan aplikasi canva untuk membuat desain yang baik dan menarik sehingga membantu mitra dalam melakukan pemasaran produk. Luaran akhir yang akan dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan mitra dalam penggunaan ponsel pintar untuk mendesain produk makanan

Keywords


Desain, Canva, dan Kuliner

Full Text:

PDF

References


Afandi, I., & Warjio. 2015. Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Asahan Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah Dalam Pencapian Target Paja Bumi dan Bangunan Pedesaan Parkotaan. Jurnal Administrasi Publik.

Anggraeny, F. T. & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi CANVA pada Ponsel Pintar. Journal of Approriate Technology for Community Services, 2(2), 86–91. https://doi.org/10.20885/jattec.vol2.iss2.art5

Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dzulhijjah, Putri D., dkk. (2015). Penerapan Prezi Dekstop sebagai Media Presentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, vol. 2, no. 2. 1-11.

Famukhit, M. L. (2020). Pelatihan Desain Promosi Usaha Menggunakan Canva Pada Smk Diponegoro Tulakan Kabupaten Pacitan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Gunawan dan Yulianti, (2019) : Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl): EfeknyaTerhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education

Husna, A., Nalendra, M. A. S., & Nabilah. (2021). Workshop Desain Pemasaran Digital Melalui Aplikasi Canva Dan Mobile Photographykepada Pelaku Umkm Food and Beverage Di Tiban Center Batam. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 2(1),17–24. https://doi.org/10.31599/jstpm.v2i1.624

Khomariah, N. E., & Primandari, P. N. (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan “Sub Aquatic†Sebagai Strategi Digital Marketing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 795–801. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1393

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2),71–77. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380

Nurhayaty, E., Marginingsih, R., Susilowati, I. H., & Pramularso, Y. (2022). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69–77. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdima s

Oka. Gede Putu. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan,4(1),430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Siska, E., & Noviyah, N. M. R. (2021). Masa New Normal Dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing Di Panti Sosial Asuhan. Jurnal Abdimas Perbanas (JAP), 2(April), 1–16. Retrieved from Masa New Normal Dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing Di Panti Sosial Asuhan.

Sudjana dan Rivai. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sumiharsono, Rudy dan Hasanah, Hisbiyatul. (2017). Media Membelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Jurnal IKRAITH TEKNOLOGI, Vol .6, No. 1

Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, Aditin Putria. (2018). Metode Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Rosda Karya.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, (Online), Vol.7 No. 2

Ulfah, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4 (1), 1–18.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Guru




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â