Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Di Smk Negeri 1 Sukapura Probolinggo

Pungky Praja Jatmika

Abstract


Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi. Observasi bertujuan untuk mengamati kegiatan kinerja kepala sekolah yang berlangsung di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sukapura. Subjek dalam penelitian ini, yaitu kepala sekolah SMK Negeri 1 Sukapura serta guru dan staff tenaga kependidikan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa uraian kegiatan kinerja yang telah di lakukan oleh kepala sekolah selama menjabat di sekolah tersebut. Kinerja adalah hasil kerja yang telah dicapai oleh seseorang dalam suatu organisasi untuk mencapai tunjuan berdasarkan atas standardisasi atau ukuran dan waktu yang disesuaikan dengan jenis pekerjaannya dan sesuai dengan norma dan etika telah ditetapkan. Kinerja kepala sekolah adalah hasil kerja yang dicapai kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggugjawabnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinya. asil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja Kepala Sekolah dalam upaya memotivasi kinerja guru masih perlu untuk penigkatan karena masih perlu proses pembenahan terutama pada daerah pedalaman. Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pada sekolah sudah melakukan peningkatan pada guru terutama pada sosialisasi kurikulum 2013, dan melibatkan guru dalam kegiatan kegiatan MGMP dan memotivasi guru untuk selalu memahami keadaan siswa agar bisa di cintai oleh siswa itu sendiri dengan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Strategi peningkatan lingkungan sekolah seorang kepala sekolah harusnya melibatkan masyarkat dalam program kegiatan sekolah melalui komite baik dalam mutu pendidikan bahkan dalam sarana dan prasarana untuk mengatsi masalah yang dihadapi oleh sekolah

Keywords


Penilaian, Kinerja, dan Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Andang, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Yogyakarta: ar-Ruzz Media, 2014), 54-55

Bacal, Robert. 2004. The Managers Guide to Performance Reviews. New York: McGraww Hill

Bedjo Sujanto, Pengelolaan Sekolah: Permasalahan dan Solusi (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018), 29

Dipalaya, T. (2020). Field Experience Practices Based Lesson Study (Ls) To Improve Students Communication Skills And Collaboration. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 2(1), 48–62.

Djafar, & Nurhafizah. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Jurnal Idaarah, 2(1), 24 – 36.

Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching and Science, 1(3), 44-52.

Jainuddin, J., & Sirajuddin, S. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Purba, Sukarman. (2009). Peningkatan Kompetensi Melalui Pementoran dalam Mewujudkan Profesionalisme Kepala Sekolah. Jurnal unimed.ac.id. Genarasi Kampus. Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya

Rohbiat. (2008). Keceradasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah, Cet. I; Bandung: PT. Refika Aditama.

Sagala, Syaiful. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Cet.VII; Bandung: Alfabeta.

Sudrajat, Ahmad wordpress. com/2010/04/18/Konsep-penilaian-kinerjakepala-sekolah.

Supardi. (2014). Kinerja Guru, Cet. II; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Buku Ajar Perkuliahan UPI.

Triwiyanto, T. (2015). Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, Danpelaporan Untuk Penilaian Kinerja Manajerial Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan, 34(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4177/pdf.

Wahjosumidjo (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wahyudi (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar, ( Cet. 1; Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i2.4954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â