PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI MAKNA HUBUNGAN SIMBOL DENGAN SILA-SILA PANCASILA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS IV SD NEGERI 008 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sainabe Sainabe

Abstract


Berdasarkan observasi awal peneliti pendidik hanya mengembangkan materi pembelajaran  berdasarkan apa yang ada dalam buku teks tanpa melihat keeadaan sekitar yang sesungguhnya dapat dijadikan bahan pembelajaran aktif bagi siswa sehingga siswa mendapat pengetahuan dan wawasan yang luas. Solusi yang mungkin ditawarkan untuk pemecahan masalah tersebut melalui penggunaan pendekatan media video pada pelajaran PPKn Materi Makna Hubungan sila-sila Pancasila menggunakan media video. Kegiatan pelaksanaan penelitian akan berlangsung dalam 3 siklus dan setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, tes dan seluruh kegiatan di dokumentasikan, serta teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi terhadap siswa, observasi guru dan lembar kerja siswa terlihat ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara .

Arikunto Suharsimi, (2009). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

BSNP. (2006). Standar Isi dan Standar Kompetensi Kelulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: BP. Cipta Jaya

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Kunandar. (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Roestiyah N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Sanjaya Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Shoimin Ari. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sudijono Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Sudijono Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Susanto Ahmad. (2013).Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Susilo. (2013).Metode Penelitian. Yogyakarta : Kanwa Publisher

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â