PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE SUKU KATA SISWA KELAS IA SD NEGERI 006 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yuswati Yuswati

Abstract


Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Melalui Metode Suku Kata Siswa Kelas IA SD Negeri 006 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode suku kata membaca permulaan. Adapun kelas yang akan digunakan adalah Kelas IA SD Negeri 006 Tarakan  yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 18 anak laki–laki dan 12 anak perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan membaca melalui metode suku kata dapat meningkatkan  hasil belajar siswa,   dibuktikan  dengan peningkatan hasil belajar siswa disetiap aspek pengamatan, tindakan  dan tes akhir pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode suku kata dapat  meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga menggunakan metode suku kata dalam pembelajaran untuk  mendukung terlaksanannya proses  pembelajaran,  sesuai dengan kebutuhan siswa.


Full Text:

PDF

References


Alwi Hasan, (2000). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Arikunto, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pendidikan Nasional, (2007). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Tenaga Pendidikan.

Ilyas. 2004. Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan. Samarinda.

Mintowati, Maria. (2003). Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa. E (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyati, (2006). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Safari. (2003). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya. (2008). Perencanaan dan desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suyatno. (2006). Teknik dan Metode Pembelajaran. Surabaya: SIC.

Tarigan. (2006). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â