ANALISIS PARADIGMA GURU SEKOLAH DASAR DI TARAKAN DALAM PEMANFAATAN INDIGENOUS KNOWLEDGE DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Sucahyo Mas’an Al-Wahid, Fadhlan Muchlas Abrori

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai gambaran terkait pengembangan media berbasis indigenous knowledge oleh Guru Sekolah Dasar di Tarakan.  Berdasarkan hasil penelitian pada 20 responden yang merupakan guru Sekolah Dasar di Tarakan, hanya sebesar 52% media yang memuat konten indigenous knowledge. Guru yang mengembangkan media berbasis indigenous knowledge memiliki beberapa alasan dalam pengembangannya. Berdasarkan hasil wawancara alasan guru dalam pengembangan media berbasis indigenous knowledge adalah:  ingin memperkenalkan pengetahuan lokal kepada peserta didik (35%), tuntutan kurikulum (30%), mudahnya bahan ditemukan (21%), dan alasan lain (14%).


Full Text:

PDF

References


A’ing, A. (2015). Studi tentang Pembangunan Bidang Pendidikan di Daerah Perbatasan Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Malinau. Jurnal Pemerintahan Integratif 3 (4) : 545-559

Aminan, A. (2010). Penggunaan Media Dan Alat dalam Proses Pembelajaran Fikih (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010). Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Docherty-Skippen, S. M., & Woodford, E. D. (2017). Indigenous Knowledge as 21st Century Education: A Taxonomy of 21st Century Learning and Educational Leadership as Inuit Qaujimajatuqangit (IQ). Transformative Dialogues: Teaching & Learning Journal, 10(3): 1-15

Listiani & Abrori, F.M. (2017). Pengembangan Buku Ajar Studi Folk-Taxonomy Dalam Penelitian Etnobotani Berbasis Indigenous Knowledge (Kajian Taksonomi Rakyat Pada Suku Tidung). Seminar Salingdidik 4 Universitas Borneo Tarakan : 337-341

Luke, A. (2009). On indigenous education. Teaching Education, 20(1), 1-5.

Noer, R. Z., & Abrori, F. M. (2018). Pengembangan Komik Pembelajaran pada Materi Bumi dan Alam Semesta untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas VI di SDN Utama 2 Tarakan dan SDN 17 Tarakan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 59-69.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. 2018. Etnis di Kalimantan Utara (online). https://www.kaltaraprov.go. id. Diakses 5 Maret 2018

Spradley, J. (1980). Participant observation. New York: Holt, Rinehart & Winston

Suneki, S. (2012). Dampak Globalisasi terhadap Eksistensi Budaya Daerah. CIVIS 2 (1) : 307-321

Suyitno, I., Kamal, M., Sunoto dan Suherjanto, I. (2015). Pemanfaatan Potensi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Dengan Teknik Observasi Lingkungan Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengembangan Karir Pendidik Berbasis Karya ilmiah Universitas Negeri Malang, Volume 7: 307-316

Utari, U., & Degeng, I. N. S. (2016). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â