KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR SOSIOLINGUISTIK BERBASIS BUKU TEKS DI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Rita Kumala Sari, Eva Apriani

Abstract


Penelitian ini berjudul keefektifan Penggunaan bahan ajar perkuliahan sosiolinguistik berbasis buku teks di Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan  model R & D milik Borg dan Gall. Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli, praktisi, dan mahasiswa terhadap produk. Data verbal tertulis berupa catatan, komentar, kritik, maupun saran-saran yang telah dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian; sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan ketiga kelompok uji. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpul data.


Full Text:

PDF

References


Andriese, H.G. (1993). Pengelolaan Penerbitan Buku 1: Dari Naskah Menjadi Buku. Penerjemah: R, Soeparno. Jakarta: Pusat Grafika Indonesia

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badrun, Ahmad. (1989). Teori Puisi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Belawati, Tian. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational Research An Introduction. The United States Of America: Longman.

Depdiknas. (2006). Pedoman Pemilihan dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat bahan ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â