KEMAMPUAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM NOVEL REMAJA DI SEKOLAH SMP NASIONAL PLUS INDO TIONGHOA TARAKAN

Siti Fathonah

Abstract


Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan sejumlah 37 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Sampling Purposive  secara tidak acak (random) karena kelas VIII di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan hanya terdapat dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.


Full Text:

PDF

References


Sainuddin, (2016). Transformasi Novel Ronggeng Dukuh Paruk Ke Film Penari

(Kajian Ekranisasi). Skripsi Universitas Borneo Tarakan. Tarakan (tidak dipublikasikan )

Abdul .(2008). Metode dan Model- Model pembelajaran Bandung : Alfabeta

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca berbasis Pendidikan Karakter

Bandung : Refika ADITAMA

Amirono dan Daryanto (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media

Aries Shoimin (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Arikunto Sharsini (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi

Aksara

Daryanto (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher

Hendra Pradinata (2016). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan. Skripsi Universitas Borneo Tarakan. Tarakan (tidak dipublikasikan )

Isjoni (2012). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung :

Alfabeta

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Purwanto (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Priyanto, Duwi. (2014). Pengelolaan data terpraktis dengan menggunakan SPSS 22

for Windows. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â