KEMAMPUAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM NOVEL REMAJA DI SEKOLAH SMP NASIONAL PLUS INDO TIONGHOA TARAKAN
Abstract
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan sejumlah 37 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Sampling Purposive secara tidak acak (random) karena kelas VIII di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan hanya terdapat dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.
Full Text:
PDFReferences
Sainuddin, (2016). Transformasi Novel Ronggeng Dukuh Paruk Ke Film Penari
(Kajian Ekranisasi). Skripsi Universitas Borneo Tarakan. Tarakan (tidak dipublikasikan )
Abdul .(2008). Metode dan Model- Model pembelajaran Bandung : Alfabeta
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca berbasis Pendidikan Karakter
Bandung : Refika ADITAMA
Amirono dan Daryanto (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media
Aries Shoimin (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Arikunto Sharsini (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi
Aksara
Daryanto (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher
Hendra Pradinata (2016). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan. Skripsi Universitas Borneo Tarakan. Tarakan (tidak dipublikasikan )
Isjoni (2012). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung :
Alfabeta
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
Purwanto (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Priyanto, Duwi. (2014). Pengelolaan data terpraktis dengan menggunakan SPSS 22
for Windows. Yogyakarta : C.V Andi Offset
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :