PENGEMBANGAN MODUL PERKULIAHAN PSIKOLINGUISTIK BERBASIS ANIMASI 3D DI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Siti Sulistyani Pamuji, Muhammad Thobroni

Abstract


Penelitian ini berjudul pengembangan modul perkuliahan psikolinguistik berbasis animasi 3D di Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan  model R & D milik Borg dan Gall.  Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli, praktisi, dan mahasiswa terhadap produk. Data verbal tertulis berupa catatan, komentar, kritik, maupun saran-saran yang telah dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian; sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan.

Full Text:

PDF

References


Andriese, H.G. (1993). Pengelolaan Penerbitan Buku 1: Dari Naskah Menjadi Buku. Penerjemah: R, Soeparno. Jakarta: Pusat Grafika Indonesia

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Belawati, Tian. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational Research An Introduction. The United States Of America: Longman.

Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas. (2006). Pedoman Pemilihan dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta.

Dirjen Dikti. (2013). Kebijakan Ditjen Pendidikan Tinggi Tentang KKNI. http://staff.uny.ac.id/Dirjen%20Dikti_Kebijakan 20Dikti%20ttg%20KKNI(online). Diakses 10/12/2012

Dardjowodjojo, Soenjono. (2014). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia: Jakarta.

Internasional desain school IDS. (2016). Memahami lebih dalam animasi 3D. https://idseducation.com/articles/memahami-lebih-dalam-pengertian-animasi-3d/ . diakses pada tanggal 1 juli 2018 pukul 22.00.

Mulyasa, Enco. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, (2015). Modul pembelajaran : pengertian, tujuan serta karakteristiknya (online).http://mesinnews.blogspot.com/2015/03/modul-pembelajaran-pengertian-tujuan.html. diakses pada tanggal 1 Juli 2018 pukul 22.00.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat bahan ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Pedoman Pengembangan Buku Pelajaran. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Sitepu, Bintang. Petrus. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tarigan, Heri Guntur. (1993). Metode Pengajaran Bahasa I. Bandung: Angkasa.

Widodo, Chomsin S & Jasmadi. (2008). Paduan Menyusunan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wikrama. (2016). Belajar multimedia (online). https://ccsvwikrama.wordpress.com/2016/12/14/pengertian-animasi-3d/ . diakses pada tanggal 1 Juli 2018 pukul 22.00.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â